Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tingkatkan Keselamatan, BMW, Honda dan Yamaha Bersalaman

Berita Otomotif

Tingkatkan Keselamatan, BMW, Honda dan Yamaha Bersalaman

BORDEAUX - Yamaha, BMW Motorrad dan Honda bekerjasama untuk mengembangkan Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) dan membangun konsorsium bernama Connected Motorcycle Consortium.

Berdasarkan MoU yang ditandatangi oleh semua anggota manufaktur Association des Constructeurs Européens de Motocycles (ACEM), C-ITS ini akan diperkenalkan pertama kali pada 2020. Namun, ketiga produsen tersebut rupanya ingin mempercepat proses ini dengan mulai bekerjasama.

Kerjasama ini dilangsungkan pada ajang ITS World Congress di Bordeaux, Perancis, sebuah kegiatan terbesar untuk transportasi cerdas dan mereka bertiga mendukung agar para manufaktur motor lainnya bergabung dengan konsorsium sehingga bisa meningkatkan keselamatan para pengendara motor.

“Untuk memmpercepat pengembangan motor yang aman, kami mengajak untuk mempromosikan implementasi C-ITS pada sepedamotor dan skuter,” ungkap Tetsuo Suzuki, Operating Officer, Honda.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Takaaki Kimura, Chief General Manager of Technology Center and Executive Vice President and Representative Director of Yamaha, yang menyatakan pihaknya siap untuk membangun motor yang lebih aman.

“Ini adalah langkah yang masuk akal untuk masuk ke dalam kerjasama yang didedikasikan sepenuhnya untuk menjawab tantangan yang berkaitan dengan kendaraan roda dua,” ujar Takaaki.

“Tujuan kami adalah untuk mempromosikan secara tepat waktu C-ITS yang berpotensi untuk meningkatkan keselamatan. Kami pun mengajak manufaktur lain untuk bekerjasama dengan kami,” tambah Karl Viktor Schaller, Executive Vice President Development BMW Motorrad.

ITS adalah sebuah teknologi yang berpotensi untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan efisiensi pada seluruh sistem transportasi, termasuk sepedamotor. ITS membutuhkan integrasi teknologi informasi dan komunikasi termasuk infrastruktur transportasi, kendaraan dan penggunanya.

Aplikasi paling dasar yang menjadi bagian dari ITS adalah GPS, di mana informasi lalulintas telah disediakan secara realtime dan pemberian saran ke rute lain apapila terjadi kemacetan parah. Untuk transportasi, sebuah komunikasi antar-kendaraan bisa dilakukan untuk memberikan informasi terkait rute mereka dan memungkinkan melakukan manuver yang lebih aman di kondisi yang padat. [Adi/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang