Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Baca Polis Dulu Sebelum Terjang Banjir

Panduan Pembeli

Baca Polis Dulu Sebelum Terjang Banjir

JAKARTA - Awal tahun biasanya curah hujan lebat mengguyur berbagai wilayah di Indonesia hingga menyebabkan banjir. Berbagai tips dan trik mulai banyak bermunculan untuk menghindari banjir dan kerusakan mobil akibat banjir.

Namun hanya sedikit kiat mengenai antisipasi dini agar mobil yang terlanjur rusak tersebut dapat diklaim ke perusahaan asuransi.

Bagi pemilik mobil yang diasuransikan, Garda Oto menyarankan sebelum menerjang banjir sebaiknya perhatikan lebih dahulu beberapa hal berikut:

  1. Luangkan waktu untuk membaca kembali isi polis. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah asuransi Anda sudah meliputi pertanggungan kerusakan mobil yang disebabkan oleh banjir. Dalam asuransi hal ini dikenal dengan istilah ‘perluasan’.
  2. Jika perluasan banjir belum termasuk ke dalam perlindungan asuransi yang Anda beli, sebaiknya segera hubungi perusahaan asuransi terkait dan mintalah untuk menambahkannya.
  3. Bagi Anda yang sudah memiliki perluasan banjir, sebaiknya tidak lantas bebas menyusuri jalanan yang tergenang banjir. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.
  4. Meski sudah memiliki perluasan banjir, ada beberapa hal yang bisa menggugurkan klaim, seperti memaksakan menerobos banjir atau berkendara tanpa surat-surat resmi. Itulah pentingnya membaca dan memahami isi polis.
  5. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan perusahaan asuransi hingga menyebabkan klaim ditolak, Anda bisa menanyakan isi polis kepada petugas asuransi secara lebih rinci. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang