Yamaha Kembali Recall R25 dan MT25

Berita Otomotif

Yamaha Kembali Recall R25 dan MT25

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kembali melakukan recall untuk unit R25 dan MT25 karena masalah Bracket Fuel Tank dan Main Switch.

Berdasarkan website resmi YIMM, mereka mengundang para pemilik Yamaha R25 dan MT25 di Indonesia untuk melakukan penggantian komponen yang terindikasi masalah. Langkah ini dilakukan sebagai komitmen dari manufaktur sepedamotor berlambang Garpu Tala tersebut.

Khusus untuk Yamaha R25, masalah sejatinya datang dari beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat. Konsumen disana mengeluhkan tangki bahan bakar yang mengalami kebocoran. Untuk mencegah keluhan yang sama, YIMM melakukan recall pada Yamaha R25 untuk dilakukan perbaikan.

Sedangkan unit MT25, beberapa konsumen di Tanah Air telah mengalami masalah pada Main Switch. Yamaha sendiri melalui M Abidin, General Manajer After Sales & Motorsport YIMM mengatakan program ini merupakan upaya preventif demi kepuasan konsumen.

“Recall ini berdasarkan keluhan dari pelanggan setia Yamaha R25 di berbagai negara kecuali Indonesia. Pada R25, Indonesia hanya terkena imbasnya karena belum ada masalah. Sedangkan pada MT25 ada beberapa konsumen Tanah Air yang mengeluhkan. Langkah ini adalah usaha preventif dari kami Yamaha,” ujar Abidin.

Menurutnya Bracket Fuel Tank pada Yamaha R25 yang dikeluhkan oleh pengguna di Benua Eropa karena perangkat tersebut tidak bisa terpasang sempurna. Ini mengakibatkan terjadinya kebocoran. Sedangkan pada unit MT25, Main Switch diakui desain dan materialnya tidak sempurna.

“Konsumen R25 mengeluhkan masalah pada bracketnya. Kebanyakan dari mereka telah melakukan modifikasi, kemudian terjadi vibrasi dan akhirnya bocor. Sedangkan pada MT25 desain resin material terlalu dekat atau kurang sempurna,” jelas Abidin.

Dikatakan Abidin bahwa produk Yamaha R25 dan MT25 merupakan produk global. Meskipun belum berdampak pada konsumen di Indonesia pada umumnya. Produk yang dipasarkan di Tanah Air tetap terkena imbasnya.

Bahkan sebagai bentuk apresiasi, pelanggan yang melakukan penggantian di seluruh jaringan R-Shop dan R-Bengkel, berhak mendapatkan dua botol oli Yamalube Super Sport secara cuma-cuma. Program ini sendiri berlangsung selama enam bulan sejak 20 Februari 2017.

Paket recall kedua Yamaha R25 dan MT25 juga berlaku untuk konsumen yang belum melakukan perbaikan tahap pertama (Plate Assy & Oil Pump Assy dan Front Brake Hose). Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, sahabat R25 & MT25 dapat menghubungi Yamaha Call Centre di nomor 021-4618000 atau klik www.yamaha-motor.co.id, bisa juga menghubungi dealer R-Shop terdekat di kota anda.

Untuk recall kali ini, Yamaha memasang target 80 persen pengguna R25 dan MT25 di seluruh Tanah Air untuk dapat melakukan perbaikan. Sementara pada recall sebelumnya, YIMM berhasil melakukan penggantian hingga 83 persen konsumen terdampak. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support