Xpander Cross Senjata Mitsubishi Capai Target Penjualan Saat Pasar Lesu

Berita Otomotif

Xpander Cross Senjata Mitsubishi Capai Target Penjualan Saat Pasar Lesu

DEPOK – Model terbaru Mitsubishi, Xpander Cross, menjadi tumpuan utama untuk mencapai target penjualan di tengah kelesuan pasar mobil nasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan pasar tahun ini akan lebih muram ketimbang tahun sebelumnya. Target penjualan mobil Indonesia yang awalnya stagnan 1,1 juta unit pun akhirnya dikoreksi menjadi 1 juta unit.

Performa pasar pada Januari – Oktober 2019, menurut data Gaikindo, menurun 11,8 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu untuk wholesales (dari 962.834 unit menjadi 849.609 unit). Angka retail pun menurun 10,4 persen (945.307 unit menjadi 847.164 unit).

Dengan adanya revisi target dari Gaikindo, Mitsubishi mengaku belum menetapkan koreksi target volume penjualan. Sebagai informasi saja, target merek berlogo tiga berlian tersebut pada tahun fiskal ini (April 2019 – Maret 2020), seperti diumumkan dalam konferensi pers pada Maret silam, ialah 150 ribu unit atau naik sekitar 5 persen dari pencapaian mereka pada tahun fiskal 2018.

“Kami saat ini masih mendiskusikan figur angka penjualan,” ucap Michimasa Kono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) beberapa waktu lalu di Lenteng Agung, Depok..

Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI, mengingatkan target 150 ribu unit adalah untuk tahun fiskal. Oleh karena itu, pada November ini mereka masih berada di kuartal ketiga sehingga masih punya kesempatan mendorong penjualan terutama dengan kemunculan Xpander Cross mulai 12 November kemarin.

“Kami masih bisa berusaha. Apalagi kami punya produk baru (Xpander Cross),” tambahnya.

Xpander Cross sendiri masih berbasis sama dengan Xpander dan banderol keduanya juga tetap Rp 200 juta-an. Kedua model sama-sama memiliki desain mirip sport utility vehicle (SUV).

Bedanya, Xpander diposisikan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Sementara itu, Xpander Cross punya desain bernuasan crossover lebih kental dan mengincar pasar SUV Rp 200 juta-an berisi model-model seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar