Wuling: Kami Mau Menjadi ‘Pemain’ Penting di Indonesia!

Berita Otomotif

Wuling: Kami Mau Menjadi ‘Pemain’ Penting di Indonesia!

JAKARTA – Wuling mengungkapkan ambisi besar mereka di pasar Indonesia.

Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani menegaskan bahwa mereka ingin menjadi ‘pemain’ dengan peran yang vital di pasar pada masa mendatang.

“Kalau berbicara target jangka panjang, kami penginnya menjadi important ‘player’ (‘pemain’ penting) di Indonesia,” tegas dia meladeni pertanyaan Mobil123.com usai Buka Puasa Bersama Wuling, 30 Maret 2023 kemarin di Jakarta.

Wuling Alvez

Wuling sendiri mulai berjualan di pasar otomotif Tanah Air sejak 2017. Sebelum itu, selama dua tahun, mereka membangun pabrik perakitan kendaraan terlebih dahulu yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Saat masih berusia setahun, Wuling sudah mampu merangsek masuk ke daftar 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia.

Meski demikian, pangsa pasar mereka relatif kecil yaitu baru beberapa persen. Ini karena lebih dari 80 persen pasar mobil nasional secara akumulatif dikuasai oleh lima merek Jepang yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motors, Suzuki.

Pada 2022, Wuling menempati ranking 10 merek mobil terlaris di negeri ini dari sisi penjualan retail (distribusi diler ke konsumen).

Mereka mampu membukukan transaksi jual-beli 24.270 unit, dengan pangsa pasar 2,4 persen.

“Ini cukup bagus. Cukup membanggakan,” tegas Dian mengenai pencapaian mereka memasuki tahun keenam di pasar Indonesia.

Wuling Air EV

Menurut Dian, demi mewujudkan ambisi menjadi ‘pemain’ penting di pasar mobil Tanah Air, Wuling sudah menyusun strategi. Ada banyak hal yang mau mereka lakukan.

“Saya tidak bisa bocorkan di sini. Tapi, kalau dilihat selama satu tahun belakangan, pada 2022 dan 2023 ini, salah satunya kami juga mengeluarkan banyak produk, memperbaiki layanan aftersales (purnajual), dan kami juga memperbanyak diler,” paparnya.

Selama enam tahun melanglang buana di Indonesia, Wuling secara umum sudah melepas tujuh model ke pasar.

Ada yang bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE), mesin hybrid, hingga listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Daftar modelnya ialah Wuling Confero, Wuling Cortez, Wuling Formo, Wuling Formo Max, Wuling Almaz, Wuling Alvez, dan mobil listrik murni Wuling Air EV. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang