Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wuling Confero, Satu-satunya Mobil China yang Dapat PPnBM 0 Persen

Berita Otomotif

Wuling Confero, Satu-satunya Mobil China yang Dapat PPnBM 0 Persen

JAKARTA – Wuling Confero dikepung mobil – mobil keluaran merek Jepang yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen mulai Maret 2021.

Mulai Maret ini sebanyak 21 model mendapatkan relaksasi pajak mobil baru sehingga harga jualnya bisa turun di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Bentuk ‘hadiah’ dari pemerintah tersebut berupa insentif PPnBM yang diberikan secara bertahap selama 10 bulan, diawali dengan pembebasan penuh (PPnBM 0 persen) pada Maret – Mei.

Payung hukumnya, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021, terbit pada 26 Februari kemarin. Ini disertai peraturan pendamping yaitu Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Berikan Relaksasi PPnBM 0 persen kepada mobil baru pada 2021

Persyaratan mendapatkan relaksasi PPnBM, menurut PMK Nomor 20 Tahun 2021, adalah mobil tersebut mesti diproduksi lokal dengan komponen dalam negeri minimal 70 persen. Kapasitas mesin bensin atau dieselnya mesti 1.500 cc ke bawah. Mobil juga harus kendaraan penumpang dari jenis sedan maupun jenis bersistem penggerak 4x2 yang lain.

Berikut 21 mobil yang mendapatkan insentif PPnBM dari pemerintah seperti terlihat dalam Kepmenperin Nomor 169 Tahun 2021:

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Rush
  3. Toyota Yaris
  4. Toyota Vios
  5. Toyota Sienta
  6. Toyota Raize
  7. Daihatsu Xenia
  8. Daihatsu Terios
  9. Daihatsu Grand Max Minibus
  10. Daihatsu Luxio
  11. Daihatsu Rocky
  12. Honda Mobilio
  13. Honda BR-V
  14. Honda HR-V
  15. Honda Brio RS
  16. Mitsubishi Xpander
  17. Mitsubishi Xpander Cross
  18. Suzuki Ertiga
  19. Suzuki XL
  20. Nissan Livina
  21. Wuling Confero

Ada beberapa hal menarik yang bisa diketahui dari daftar di atas. Pertama, terlihat dua model yang belum meluncur atau pun dijual di Indonesia tapi sudah dipastikan mendapat relaksasi PPnBM yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dapat PPnBM 0 Persen Mobil Baru

Kedua, sebanyak 20 model adalah jagoan - jagoan milik merek mobil Jepang. Terdapat enam merek asal ‘Negeri Matahari Terbit’ yang tercantum yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Nissan.

Di antara para pemain kuat di pasar otomotif Indonesia ini, tersempil satu merek mobil China yakni Wuling. Adapun modelnya adalah low multi purpose vehicle (LMPV) Wuling Confero yang sebelum mendapatkan relaksasi PPnBM berharga on-the-road Jakarta Rp 154,8 – 202,8 juta.

Wuling Confero Satu-satunya Mobil China yang Dapat PPnBM 0 Persen Mobil Baru pada 2021

Merek mobil China lain, DFSK, tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan 'hadiah' dari pemerintah untuk industri otomotif di tengah pandemi Covid-19.

Di samping insentif PPnBM, pemerintah juga melonggarkan Down Payment (DP/Uang Muka) kredit kendaraan bermotor hingga 0 persen. Keringanan DP juga diberikan selama 10 bulan, sejak Maret tahun ini. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang