Wuling Air EV, Mobil Listrik Murah Rakitan Indonesia Ditaksir Banyak Negara Lain

Berita Otomotif

Wuling Air EV, Mobil Listrik Murah Rakitan Indonesia Ditaksir Banyak Negara Lain

BEKASI – Wuling Air EV belum juga meluncur di Indonesia. Namun, mobil listrik murah ini diklaim sudah ditaksir oleh pasar luar negeri.

Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani mengatakan saat ini pihaknya masih fokus pada rencana peluncuran serta penjualan Air EV di Tanah Air.

Peluncurannya yang dijadwalkan berlangsung dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang sendiri berstatus debut global.

Meski begitu, pihaknya memastikan bahwa kelak Air EV bakal diekspor. Berbagai negara diklaim telah melirik mobil listrik Rp200-300 juta-an ini.

“Kami memang lagi menjajaki (ekspor) karena kami lihat banyak sekali negara di luar yang juga tertarik untuk memasarkan Air EV,” pungkas Dian menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam sesi konferensi pers seremoni produksi massal mobil listrik mungil tersebut, Senin (8/8/2022) di pabrik Cikarang, Bekasi.

Meski belum meluncur, pemesanan Air EV sudah dibuka sejak 11 Juli 2022, bersamaan dengan ulang tahun kelima Wuling di Tanah Air.

Estimasi harga on the road (OTR) Jakartanya Rp250 juta untuk tipe Standard Range (jarak tempuh 200 km) serta Rp300 juta bagi tipe Long Range (300 km).

Harga pasti dari calon mobil listrik perdana Wuling di Indonesia tersebut bakal diberitahukan bersamaan dengan peluncurannya.

Adapun total pemesanannya sampai dengan Senin kemarin digadang-gadang sudah mencapai lebih dari 1.000 unit.

Lebih lanjut, Vice Presiden SGMW Indonesia Han Dehong menegaskan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting bagi jenama asal China tersebut. Seluruh sistem perakitan di Cikarang juga telah terintegrasi dengan prinsipal di ‘Negeri Tirai Bambu’.

“Jadi, di sini (pabrik Cikarang), sudah sangat mumpuni untuk menyuplai produk ke luar negeri, jika misalnya Indonesia terpilih untuk melakukan langkah besar yang berhubungan dengan global. Indonesia juga telah terpilih sebagai basis ekspor global model-model setir kanan untuk SGMW,” tambahnya.

Air EV, meskipun menjadi mobil listrik murah, punya teknologi serta fitur yang modern.

Di antaranya ialah Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), Head Unit dan Meter Cluster Digital 10,25 Inci, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Tiga Mode Berkendara, Rotary Gear Shift. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar