Wih, Hino Berhasil Selesaikan Reli Paris-Dakar 2022 dengan Truk Hybrid!

Berita Otomotif

Wih, Hino Berhasil Selesaikan Reli Paris-Dakar 2022 dengan Truk Hybrid!

JAKARTA - Tim Hino Sugawara merampungkan seluruh etape Reli Paris-Dakar 2022. Musim ini, mereka bahkan melakukannya dengan sebuah truk hybrid.

Etape ke-12 Reli Paris-Dakar 2022, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, menempuh rute Bisha-Jeddah, Arab Saudi dan menyentuh garis finis pada 14 Januari 2022 kemarin.

Hino masih menjadi satu-satunya merek kendaraan komersial asal Jepang yang mengikuti reli terganas di dunia itu. Merek yang sebenarnya masih masuk ke dalam grup Toyota ini selalu mampu menyelesaikan seluruh rangkaian Reli Paris-Dakar, sejak keikutsertaan mereka untuk pertama kalinya pada 1991 alias 31 tahun lalu.

Bahkan, pada Reli Paris-Dakar 2022, untuk pertama kalinya Hino menggunakan truk hybrid melalui Seri Hino600.

Seri Hino600 untuk Reli Paris-Dakar 2022 ‘dipersenjatai’ Racing Hybrid System. Adapun gelontoran tenaga maksimumnya mencapai 788 hp di putaran mesin 2.800 rpm.

Model di segmen medium duty truck (MDT/truk kelas menengah) ini sendiri hingga sekarang belum dijual di Indonesia. Sampai detik ini, Seri Hino600 masih dikhususkan bagi pasar Amerika Serikat, dengan ciri khas ‘hidung’ pada bagian depannya sebagai kabin kap mesin.

Pebalap tim Hino Sugawara yaitu Teruhito Sugawara menegaskan kalau Reli Paris-Dakar ialah reli paling menguras energi di seluruh dunia. Setiap etapenya sangat melelahkan bagi seluruh anggota tim.

Dalam setiap tahap balapan di reli ini, Sugawara antara lain dibantu oleh dua navigator. Mereka adalah Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki.

“Dalam beberapa tahun, hanya 20,5% dari peserta yang berhasil mencapai garis finish. Sementara Tim Hino telah menyelesaikan reli secara berurutan sejak pertama kali ambil bagian pada 1991,” pungkas dia.

“Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem hybrid ini dikembangkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun dan merupakan proyek yang didukung oleh banyak orang. Saya percaya bahwa hasil ini akan mengarah ke masa depan. Ini balapan yang sangat sulit karena kami tidak pernah memiliki begitu banyak rintangan sebelumnya, untuk itu saya ingin berterima kasih kepada mekanik dan seluruh tim” Tutup Sugawara. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru berkualitas <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar