Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Veloz, Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Paling Laris di Luar Negeri Tahun Lalu

Berita Otomotif

Veloz, Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Paling Laris di Luar Negeri Tahun Lalu

JAKARTA – Toyota Veloz menjadi model dengan kontribusi paling besar terhadap pencapaian ekspor jenama tersebut dari Indonesia tahun lalu.

Komposisi Veloz mencapai hampir seperempat volume ekspor unit utuh (completely built up/CBU) Toyota dari Tanah Air yang berjumlah 297 ribu unit pada 2022.

“Veloz yang baru kami ekspor tahun lalu menjadi kontributor terbesar di angka 70 ribu unit,” kata Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam melalui keterangan resmi belum lama ini.

Sekadar mengingatkan, Veloz generasi baru meluncur pada November 2021. Multi purpose vehicle (MPV) itu bertransformasi dari sekadar varian termewah Toyota Avanza menjadi sebuah model yang terpisah.

Toyota Veloz

Toyota sendiri sudah 35 tahun mengekspor mobil dari Indonesia. Mereka pertama kali melakukannya pada 1987 silam, ketika mengirim Toyota Kijang ke sekitar Asia Tenggara.

Uniknya, saat itu, ekspor mobil masih satu kapal dengan ekspor sapi.

Mobil-mobil Toyota untuk pasar domestik maupun ekspor bukan hanya diproduksi di pabrik TMMIN.

Jenama asal Jepang ini juga dibantu pabrik milik ‘adik’ mereka yaitu PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ada lebih dari 80 negara yang menjadi pasar mobil-mobil Toyota rakitan Tanah Air. Australia menambah panjang daftarnya mulai tahun lalu.

Toyota Veloz

Lebih lanjut, pencapaian ekspor CBU Toyota sebanyak 297 ribu unit pada 2022 memecahkan rekor. Sebelumnya, Toyota belum pernah mengapalkan mobil sebanyak itu ke luar negeri.

Angkanya melonjak 58 persen jika dibandingkan setahun sebelumnya (year on year/yoy). Mereka menyumbang 63 persen dari total ekspor mobil nasional.

Selama 3,5 dekade, Toyota secara akumulatif telah mengekspor 2,3 juta unit.

“Tentunya, pencapaian ini tidak dapat kami raih tanpa adanya dukungan, insentif, serta kebijakan penuh dari Pemerintah,” tandas Bob.

Terdapat belasan model Toyota yang diekspor dari Indonesia. Daftar modelnya, untuk jenis sport utility vehicle (SUV), terdiri dari Toyota Raize, Toyota Rush, Toyota Fortuner yang secara total berkontribusi 149.200 unit tahun lalu.

Terdapat pula model-model MPV, dengan total ekspor 101 ribu unit. Selain Veloz, Toyota juga mengapalkan Avanza, Sienta, Kijang Innova, Town Ace/Lite.

Terakhir adalah model-model sedan, city car, hatchback dengan kontribusi 46.800 unit. Model-modelnya ialah Toyota Vios, Toyota Agya, Toyota Yaris. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang