Toyota Rush: Perangsang di Segmen Compact SUV

Mobil Baru

Toyota Rush: Perangsang di Segmen Compact SUV

JAKARTA - Dalam beberapa tahun belakangan penjualan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) tampak meningkat di Indonesia. Toyota pun mengklaim di antara semua SUV yang ada di Indonesia,Toyota Rush adalah SUV tersukses.

Toyota mencatat populasi (penjualan) 186 ribu Toyota Rush di Indonesia sejak dipasarkan Desember 2006 hingga 2014.

Indonesia menurut Toyota memang gemar terhadap kendaraan yang memiliki karakter dengan kemampuan melahap berbagai jalan di tanah air. Buktinya sejak tahun '90-an, SUV memiliki banyak peminat. Antara 1995 hingga 2006, pasar SUV Medium bergerak rata-rata pada angka penjualan 14.000 per tahun.

Ketiadaan SUV pada segmen low/medium memberikan tantangan bagi Toyota untuk hadirkan sosok yang sesuai dengan konsumen Indonesia. Desember 2006 hadirlah Toyota Rush dengan tampilan sporty serta maskulin. Untuk pilihan mesin, PT Toyota-Astra Motor menggunakan unit 4-silinder 1.500 cc dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Sebelum kehadiran Rush, total penjualan di segmen ini hanya berkisar 3.000-an unit per tahun dan langsung melonjak menjadi 30.000 unit per tahun pada 2007 dengan market share Rush mencapai sekitar 46%. Pada 2014, total penjualan SUV medium tercatat 55.293 dengan market share Rush 53,5% atau 29.609 unit.

Toyota menargetkan dari 60.000 SUV yang diperkirakan akan terjual di Indonesia, lebih dari 50 persennya adalah Rush. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support