Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Recall 213 Ribu Mobil! Modelnya Sienta, Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios

Berita Otomotif

Toyota Recall 213 Ribu Mobil! Modelnya Sienta, Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios

JAKARTA – Toyota menggelar recall (kampanye penarikan dan perbaikan gratis) untuk empat lima mereka di Indonesia. Total unit yang terdampak mencapai beberapa ratus ribu unit.

Recall Toyota yang diinisiasi pada Februari 2024 mencakup model-model multi purpose vehicle (MPV) serta sedan. Ada Toyota Sienta, Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Yaris Cross, dan Toyota Vios.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan bahwa recall merupakan bentuk tanggung jawab mereka kepada para konsumen. Dengan recall, Toyota ingin memastikan kenyamanan dan keamanan konsumen yang terkait dengan kualitas produk-produk mereka.

recall Toyota Februari 2024

“Kalau kami temukan di sistem monitoring kami adanya suatu ketidaksesuaian terutama dari sisi keamanan, maka kami akan melakukan aktivitas untuk perbaikan yang kita sebut sebagai recall karena ini berkaitan dengan keamanan,” ucap dia dalam Media Gathering pada Senin (12/2/2024) malam di Jakarta.

Recall Sienta, Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios adalah recall Toyota kedua pada 2024. Sebelumnya, pada Januari, mereka juga melakukan recall terhadap mobil listrik Toyota bZ4X.

Penyebab recall Sienta, Avanza, Veloz, Yaris Cross, maupun Vios terjadi karena tiga alasan. Ada yang akibat potensi masalah pada front garnish pillar clip, front door side impact beam, atau front shock absorber nut.

Recall Toyota Sienta (Front Garnish Pillar Clip)

recall Toyota Sienta

Recall Sienta terjadi karena adanya kemungkinan isu pada sealer khusus berbahan resin untuk menutup lubang klip di bagian front garnish pillar clip.

Daya tahan sealer terpantau kurang maksimal menahan air, sehingga bisa terjadi kebocoran air dari pilar depan menuju kotak sambungan listrik di ruang kaki pengemudi. Korsleting dapat terjadi dan mengganggu berbagai fungsi pada Sienta seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan pintu geser yang terbuka pada kecepatan berapa pun.

Toyota akan mengganti front garnish pillar clip, menelusuri apakah sudah terjadi kebocoran, dan melalukan pemrograman ulang ECU Power Sliding Door jika kendaraan sudah dilengkapi fitur itu. Waktu pengerjaan sekitar 2-3 jam.

Sienta yang terkena recall berasal dari tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020. “Jumlah unitnya 39.238. Cukup banyak,” ucap Marketing Director TAM Anton Jimmy Suwandy.

Recall Toyota Avanza, Veloz (Front Door Side Impact Beam)

recall Toyota Avanza dan Veloz

Selanjutnya, ada recall Avanza, Veloz karena kemungkinan isu pada front side impact beam. Jumlah unit yang terdampak tidak terlalu besar yaitu 4.378 unit.

“Tidak terlalu besar karena dari tahun produksi satu bulan saja, 4 November sampai 24 Novemeber 2023,” tukas Anton.

Dari hasil temuan Toyota, proses pengelasan pada front side impact beam sisi depan kanan (pintu pengemudi) kurang tepat atau kurang sempurna. Kekuatan pengelasan pun bisa-bisa tidak mencukup dalam kondisi darurat.  

Alhasil, front side impact beam Avanza, Veloz rakitan periode tersebut bisa lepas karena benturan samping. Dalam skenario terburuk, front side impact beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyebabkan cedera serius pada pengemudi.

Waktu pengerjaan dan perbaikannya diestimasikan 3-4 jam.

Recall Toyota Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios (Front Shock Absorber Nut)

recall Toyota yaris cross

Recall Toyota Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios mencakup 169.389 unit. Tahun produksinya beragam, tapi secara umum mulai dari Oktober 2021 sampai September 2023.

Sebabnya ialah front shock absorber nut alias mur suspensi depan bagian atas yang kurang tepat atau kurang sempurna dalam melakukan pengencangan.

Jika kendaraan terus-menerus beroperasi dalam kondisi ini, mur bisa longgar dan menimbulkan suara bising yang tidak normal dan mengganggu orang-orang di kabin.

Dalam skenario terburuk, mur dapat lepas dan mengganggu kestabilan berkendara. Shock absorber depan bisa lepas dan memicu kecelakaan ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

“Waktu pengerjaan paling lama 30 menit…. Kalau yang absorber nut ini jumlahnya banyak tapi pengerjannya cepat, ya,” tukas Anton.

Dengan demikian, jika ditotal, recall Sienta, Avanza, Veloz, Yaris Cross, dan Vios yang dimulai Februari 2024 mencapai lebih dari 213 ribu unit. Tepatnya 213.005 unit. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang