Toyota Nilai Kolaborasi Mitsubishi - Nissan di Indonesia Berpotensi Timbulkan Dilema

Berita Otomotif

Toyota Nilai Kolaborasi Mitsubishi - Nissan di Indonesia Berpotensi Timbulkan Dilema

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai bahwa kolaborasi antara Mitsubishi dan Nissan dapat menimbulkan dilema di antara keduanya.

Hal ini karena kehadiran Nissan Livina yang menggunakan platform serupa dengan Mitsubishi Xpander dan hanya memiliki perbedaan tipis. Akibatnya, kedua mobil tersebut justru berpotensi untuk saling membunuh.

“Kalau Toyota dan Daihatsu bagi tugasnya sudah jelas, kita membagi dari awal bahwa Toyota Avanza akan menggarap segmen 1.300 – 1.500 sedangkan Daihatsu Xenia adalah 1.000 dan 1.300. Walau sekarang terjadi pengubahan, Xenia sudah mulai masuk ke 1.500 dan Toyota masih tetap. Nah sekarang kalau Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina membagi tugasnya bagaimana?,” tanya Franciscus Seorjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Apalagi menurutnya Nissan Livina memiliki desain yang lebih apik ketimbang Mitsubishi Xpander meski masih diproduksi di fasilitas produksi Mitsubishi. Akibatnya nanti berpotensi untuk menjadi konflik di kemudian hari.

“Bila saya lihat sekarang, modelnya (Nissan Livina) lebih bagus dan harganya lebih kompetitif. Kalau saya menjadi konsumen, saya lebih pilih Livina, sudah pasti. Karena itu head to head. Tinggal bagaimana nanti ininya (kolaborasi). Makanya saya bilang, strategi kolaborasi mereka harus lebih hati-hati,” pungkasnya.

Pada bulan Februari 2019, Nissan resmi meluncurkan Nissan Livina yang memiliki platform serupa dengan Mitsubishi Xpander. Meski mengklaim bahwa Nissan sudah melakukan beragam pengembangan, tidak bisa dipungkiri nuansa dari Mitsubishi Xpander tidak sepenuhnya hilang.

Namun, Nissan Livina memang boleh dikatakan punya nilai jualnya sendiri. Sebut saja harga kompetitif dan nama besar Livina yang selama ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Tidak heran bila nanti Nissan Livina justru bisa mengganggu penjualan dari Mitsubishi Xpander. Dan bila benar kondisi tersebut terjadi, maka bisa jadi TAM dengan Toyota Avanza-nya yang akan tertawa penuh kemenangan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support