Toyota Mengaku akan Pelajari Potensi Jual Yaris Cross di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Mengaku akan Pelajari Potensi Jual Yaris Cross di Indonesia

JAKARTA – Toyota mengaku akan mempelajari seberapa besar potensi meluncurkan dan menjual Yaris Cross di pasar otomotif Indonesia.

Yaris Cross merupakan salah satu anggota baru di keluarga sport utility vehicle (SUV) Toyota, selain Corolla Cross. Versi crossover dari Yaris ini seharusnya menjalani debut global di Geneva Motor Show 2020.

Tapi rencana tersebut buyar gara-gara pameran batal akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Akhirnya, SUV berukuran kompak ini pun hanya diperkenalkan secara virtual.


Meski diintroduksi pertama kali untuk warga Eropa, nyatanya Yaris Cross dijual terlebih dahulu di Jepang. Konsumen ‘Negeri Sakura’ bisa membelinya mulai akhir Agustus kemarin dengan harga mulai 1,798 juta yen atau sekitar Rp 252,48 juta (1 yen = Rp 140,42).

Tren crossover dan SUV sendiri tak hanya melanda luar negeri, tapi juga di dalam negeri. Karena itu, wajar jika muncul pertanyaan apakah model ini bakal hadir di Indonesia, seperti Corolla Cross yang sudah lebih dulu mengaspal pada Agustus lalu.

Sayangnya, salah satu eksekutif Toyota di Nusantara belum mau berkomentar banyak. Ia hanya mengatakan bahwa pihaknya ‘bakal melakukan studi’ untuk model tersebut.


“Saya belum dapat banyak informasi (permintaan/masukan—Red) ya dari dealer-dealer atau para konsumen. Kami akan mempelajari kira-kira bagaimana prospeknya,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual peluncuran Yaris facelift pada awal pekan ini.

Agen pemegang merek Toyota di Tanah Air, menurut dia, selalu membicarakan dan mendiskusikan perencanaan produk baru dengan prinsipal. Ia mengaku belum ada keputusan apa-apa mengenai pesaing Toyota HR-V serta Mazda CX-3 tersebut.

“Saya enggak bisa berkomentar banyak karena memang persoalan produk baru ini selalu kami bicarakan dan persiapkan khususnya dengan prinsipal. Jadi, saya enggak bisa mengatakan sebelum memang diputuskan atau akan diluncurkan,” paparnya.


Yaris Cross dibangun di atas platform TNGA-B dan memiliki opsi mesin bensin 1.5-liter maupun mesin hybrid 1.5-liter. Pilihan transmisinya ialah manual enam percepatan, Direct Shift CVT, atau e-CVT.

Rentang harganya cukup jauh. Varian tertinggi yaitu hybrid Z dengan sistem penggerak empat roda, di Jepang, berbanderol 2,815 juta yen (Rp 395,29 juta). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar