Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Mau Cetak Rekor, Targetkan Produksi 11 Juta Mobil Tahun Ini!

Berita Otomotif

Toyota Mau Cetak Rekor, Targetkan Produksi 11 Juta Mobil Tahun Ini!

TOKYO - Toyota berancang-ancang memecahkan rekor produksi mobil global mereka pada tahun fiskal 2022.

Toyota, menurut informasi yang diterima Nikkei Asian Review, berencana memproduksi 11 juta mobil di seluruh dunia dalam kurun April 2022 hingga Maret 2023. Peningkatannya sekitar 20 persen jika dibandingkan produksi pada tahun fiskal 2021 yang diestimasikan 9 juta unit.

Jika target itu terealisasikan, rekor sebelumnya Toyota yang digapai pada 2016 akan terlampaui.

Dari target produksi 11 juta unit secara global, 7,5 juta unit di antaranya dilakukan di luar Jepang.

Sebanyak 3,5 juta unit sisanya dirakit di pabrik-pabrik mereka di Jepang, sesuai komitmen mereka merakit sekurang-kurangnya 3 juta unit per tahun agar dapat mempertahankan basis produksi di ‘rumah’ sendiri.

Volume tersebut bertumbuh masing-masing 25 persen serta 15 persen dibandingkan dengan tahun fiskal sebelumnya.

Jika dirata-ratakan, pabrik-pabrik Toyota di seluruh dunia setiap bulan akan membuat kurang-lebih 900 ribu unit. Tapi, pada bulan pertama tahun fiskal 2022, jumlah unit yang keluar dari pabrik dilaporkan menyentuh 1 juta unit.

Merek mobil paling laku sejagat itu sendiri sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan produksi.

Para pemasok komponen yang menjadi kunci pun telah diberitahukan mengenai rencana ini, agar selanjutnya dapat meningkatkan suplai suku cadang yang diperlukan.

Misi Toyota pada tahun fiskal 2022 didasarkan atas kepercayaan diri bahwa pasar otomotif global bakal pulih secara signifikan. Dua tahun belakangan, pasar sempat gonjang-ganjing dilanda pandemi Covid-19 maupun krisis suplai cip semikonduktor.

Bahkan, kapasitas produksi di Jepang pada Februari ini masih harus dikurangi 20 persen karena distribusi cip semikonduktor yang kurang memadai. Padahal, tadinya performa pabrik-pabrik ‘Negeri Matahari Terbit’ ingin lebih digeber pada Februari serta Maret.

Pada 2020, Toyota ‘hanya’ memproduksi 8,18 juta mobil, lebih rendah daripada capaian 2019 yang berjumlah 8,74 juta mobil.

Target produksi 11 juta mobil pada tahun fiskal 2022 sendiri dinilai bukan sebuah tugas mudah.

Salah satu pemasok komponen berskala sedang mengatakan pihaknya masih berurusan dengan kurangnya sumber daya manusia akibat pandemi, juga pengetatan masuknya orang dari luar negeri.

Soalnya, perusahaan tersebut masih bergantung pada para pekerja dari negara lain untuk sebagian aktivitas mereka.

Hingga berita ini dibuat, Toyota Motor Corporation menolak mengomentari semua laporan ini. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang