Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Kijang Innova Zenix Tak Punya Mesin Diesel, Soalnya Hybrid Lebih Irit

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova Zenix Tak Punya Mesin Diesel, Soalnya Hybrid Lebih Irit

JAKARTA – Toyota Kijang Innova Zenix tak lagi menawarkan mesin diesel. Alasannya, mesin bensin terbaru serta mesin hybrid diyakini sudah bisa menggantikan.

Tak seperti para pendahulunya, generasi ketujuh Kijang hanya dipasarkan dalam opsi mesin bensin dan mesin hybrid. Mesin bensin tersedia di tipe G serta V, sedangkan yang hybrid terdapat di tipe G, V, Q.

Kisaran harga on the road (OTR) Jakarta Kijang Innova Zenix bermesin bensin dimulai dari Rp419 juta hingga Rp470 juta. Adapun yang hybrid Rp458 juta sampai Rp614 juta.

Menurut Chief Engineer Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma, ada dua alasan mengapa pada generasi-generasi Kijang Innova sebelumnya, mesin diesel begitu digandrungi. Pertama permasalahan running cost alias biaya pemakaian karena efisiensi bahan bakarnya.

“Kalau soal running cost, menurut saya, hybrid pasti lebih bagus,” ucap pria yang bertanggung jawab dalam riset dan pengembangan Kijang Innova Zenix tersebut dalam konferensi pers peluncuran pada Senin (21/11/2022) di Jakarta.

Alasan kedua terkait dengan performa berkendara. Torsi mesin diesel selama ini dianggap lebih trengginas.

“Dari sisi torsi, menurut saya, hybrid juga lebih bagus. Rasa berkendaranya, kontrolnya, dan sebagainya lebih bagus," tandas Mizuma lagi.

Perbandingan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) antara Kijang Innova bermesin diesel pada generasi terdahulu dengan mesin bensin dan hybrid pada Kijang Innova Zenix memang sangat berbeda, jika melongok klaim dari Toyota.

“Jadi, konsumsi BBM (Kijang Innova) diesel dari model yang lama kira-kira 1:14. Satu liter untuk jarak 14 kilometer (km). Kijang Innova Zenix, yang baru, konsumsi BBM untuk mesin bensinnya saja kira-kira sudah 1:15. Apalagi yang hybrid, bisa 1:21,” aku Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Foto: Toyota

Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix hybrid mengusung teknologi Hybrid EV generasi kelima Toyota. Dapur pacunya mengombinasikan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter dengan motor penggerak listrik yang menghasilkan kombinasi tenaga 186 ps (183 hp).

Kijang Innova Zenix bermesin bensin, di sisi lain, mengusung mesin 2.0-liter berkode M20A-FKS berdaya 174 ps (171 hp). Adapun torsinya 20,9 Kgm (204 Nm).

Fitur Kijang Innova Zenix juga menjadi lebih mutakhir. Satu yang tercanggih adalah teknologi bantuan keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang terdiri dari fitur Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang