Toyota Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall karena Masalah Selang Rem

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall karena Masalah Selang Rem

JAKARTA – Kijang Innova dan Fortuner kembali di-recall oleh Toyota Indonesia. Kali ini, yang menjadi pemicunya adalah isu pada komponen brake vacuum hose (selang rem).

Pada awal Agustus 2020, Kijang Innova dan Fortuner tahun produksi 2017 - 2019 termasuk dua dari enam model Toyota yang terkena recall (penarikan dan perbaikan gratis). Penyebabnya adalah kemungkinan masalah pada fuel pump (pompa BBM) dan populasi kendaraan yang terdampak mencapai lebih dari 36 ribu unit.

Pabrikan asal Jepang tersebut pada akhir Agustus tahun ini kembali mengumumkan recall terhadap Kijang Innova plus Fortuner, khususnya yang diproduksi pada Agustus 2019. Alasannya ialah potensi masalah pada brake vacuum hose. Sayang, pernyataan pers Toyota pada Minggu (23/8/2020) tidak menjelaskan secara merinci problemnya.


Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM), hanya menyebut recall ini sejalan dengan inisiasi secara global Toyota Motor Corporation. Kebijakan tersebut diambil untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara bagi para konsumen.

“Kami mempunyai komitmen kuat dalam menghadirkan “Peace of Mind” dan “Total Ownership Experince” bagi pelanggan dengan selalu memberikan layanan aftersales terbaik dan memastikan bahwa kendaraan milik pelanggan dalam kondisi prima. Untuk itu, kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara,” ujar Henry secara tertulis.

Henry mengharapkan para pemilik Kijang Innova dan Fortuner yang dimaksud memberikan atensi besar pada recall akibat brake vacuum hose kali ini dan segera melakukan pengecekan kendaraan di bengkel resmi terdekat. Pasalnya, problem yang terjadi pada komponen tersebut agak sulit untuk dideteksi sendiri dan rem merupakan komponen mendasar pada kendaraan.

Pengerjaan pengecekan dan penggantian brake vacuum hose ini berlangsung sekitar 2 jam. Para konsumen tidak bakal dipungut biaya sama sekali.


Recall Kijang Innova plus Fortuner produksi Agustus 2019 juga disampaikan kepada pelanggan melalui surat resmi maupun saluran komunikasi seperti di situs Toyota Indonesia. Seluruh jaringan dealer resmi juga mereka libatkan.

Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, atau mengontak Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat juga melakukan pengecekan dengan mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc lalu memasukkan nomor rangka kendaraan.

Selama masa pandemi virus Corona (Covid-19), pemeriksaan kendaraan dapat dilakukan melalui beberapa metode dengan tetap memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol yang berlaku di setiap daerah. Selain di bengkel resmi, pemilik Kijang Innova maupun Fortuner produksi Agustus 2019 dapat pula memanfaatkan layanan Toyota Mobile Service dengan melakukan booking service terlebih dahulu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar