Mobil Toyota Bisa Disewa 3 Tahun Tanpa Harus Beli

Berita Otomotif

Mobil Toyota Bisa Disewa 3 Tahun Tanpa Harus Beli

TOYOTA CITY – Toyota memberikan layanan baru yaitu penyewaan mobil selama tiga tahun. Layanan tersebut diberikan melalui perusahaan baru bernama Kinto.

Kinto, seperti diumumkan Toyota melalui situs resmi mereka pada Selasa (5/2/2019), didirikan untuk mengatur dan mengoperasikan layanan car subscription. Perusahaan ini sendiri didanai secara patungan oleh Toyota Financial Services Co., Ltd dan Sumitomo Mitsui Auto Service Company, Ltd.

Adapun alasan berdirinya Kinto adalah untuk menyikapi pergeseran konsumsi kendaraan, dari ‘kepemilikan mobil dengan cara konvensional’ menjadi ‘penggunaan kendaraan di mana pun serta selama yang mereka mau saja’.

Toyota menyusul beberapa merek kendaraan premium yang sudah meluncurkan layanan serupa. Salah satunya adalah Volvo yang bahkan sempat bikin kampanye aneh untuk melarang orang-orang membeli mobil mereka.

“Ada kebutuhan yang terus tumbuh terhadap suatu layanan yang mengizinkan para konsumen memilih secara bebas kendaraan yang mereka mau, mereka ingin gunakan dan nikmati sewaktu-waktu,” tulis salah satu pabrikan terbesar dunia ini dalam keterangan pers mereka.

Kinto sejauh ini hanya beroperasi di Jepang. Dua jenis layanan mereka sediakan.

Pertama adalah ‘Kinto One’ yang meminjamkan satu kendaraan Toyota selama tiga tahun. Kedua ialah ‘Kinto Select’ yang membuat konsumen dapat mengendarai enam model kendaraan Lexus selama tiga tahun.

Kedua layanan ditawarkan dengan biaya sewa per bulan. Biaya tersebut sudah termasuk dengan asuransi, pajak kendaraan, biaya registrasi, sampai dengan biaya servis berkala.

Tidak disebutkan secara rinci berapa tarif sewa bulanan yang dipasang oleh Toyota melalui Kinto.

Untuk menggunakan layanan ini, para konsumen dapat mengakses situs Kinto yang saat ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Mereka dapat pula mendatangi dealer-dealer Toyota maupun Lexus di ‘Negeri Sakura’.

Kinto Select bisa dinikmati lebih dulu mulai Rabu (6/2/2019). Satu layanan lain yaitu ‘Kinto One’ menyusul kemudian mulai Jumat (1/3/2019).

Layanan melalui dealer untuk sementara hanya diberikan oleh dealer-dealer terpilih di Tokyo Metropolitan Area. Layanan baru bisa dinikmati di seluruh dealer di Jepang pada musim panas 2019.

Model-model kendaraan yang dapat disewa juga masih terbatas di awal layanan. Ekspansi model di dalam layanan rencananya baru dimulai pada awal musim gugur. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar