Volvo Bikin Kampanye Aneh, Larang Orang Beli Mobil Mereka

Berita Otomotif

Volvo Bikin Kampanye Aneh, Larang Orang Beli Mobil Mereka

BERLIN – Volvo membuat kampanye unik yang justru meminta publik tak membeli mobil mereka.

Gerak-gerik Volvo belakangan ini memang menyita perhatian. Jika masih ingat, pabrikan asal Swedia tersebut memutuskan untuk tidak memajang satu unit mobil pun dalam Los Angeles (LA) Auto Show pada 30 November – 9 Desember kemarin.

Sekarang Volvo membuat kampanye yang mengatakan ‘Jangan Beli Mobil Ini’ di Jerman. Kampanye tersebut ternyata merupakan strategi untuk mengajak para konsumen menggunakan mobil-mobil Volvo dengan melakukan subscription (berlangganan) di aplikasi Care by Volvo.

Care by Volvo sendiri merupakan cara baru bermobilitas yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif milik Geely ini. Alih-alih membeli secara konvensional melalui tunai maupun kredit, pabrikan tersebut mengajak konsumen-konsumen mereka mengendarai model Volvo yang diinginkan dengan cara sewa (leasing) selama dua tahun, dengan opsi membeli setelahnya, atau melanjutkan sewa untuk model yang dikehendaki.

Pelanggan Care by Volvo tak perlu mengeluarkan uang muka. Uang berlangganan pun sudah termasuk beragam biaya lain semisal asuransi, pajak, road-side assisstance, servis dan perawatan. Strategi inovatif tersebut diterapkan agar Volvo bisa tetap relevan di mata generasi mendatang yang dibesarkan di tengah kebiasaan ride-sharing atau car-sharing (taksi online).

Care by Volvo telah menjalani pengetesan terbatas di Amerika Serikat (AS) serta Eropa selama setahun. Menurut mereka, para pelanggan aplikasi di AS rata-rata berusia 40 tahun atau satu dekade lebih muda dari rata-rata pembeli Volvo. Volvo memperkenalkan program ini di Jerman pada Oktober kemarin.

Tarif berlangganan per bulan tergantung model. Harga bisa dimulai dari sekitar 498 euro (Rp 8,20 juta) untuk XC40 varian terendah hingga 929 euro (Rp 15,30 juta) bagi XC90 varian termewah.

Volvo tak sendiri. Ford, Mercedes-Benz, Porsche, Cadillac, Lynk $ Co juga telah menginisiasi servis serupa.

“Ini sangat transparan, cara mempunyai mobil tanpa repot. Anda tahu persis biayanya,” ucap Hakan Samuelsson, Chief Executive Officer Volvo Cars.

Permasalahannya hanya satu. Biaya berlangganan Care by Volvo bisa berselisih cukup lumayan jika dibandingkan membeli secara kredit. Di Jerman, cicilan bulanan XC40 dimulai dari sekitar 300 euro (Rp 4,94 juta). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support