Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota dan Mazda Bangun Pabrik Senilai Rp 21 Triliun

Berita Otomotif

Toyota dan Mazda Bangun Pabrik Senilai Rp 21 Triliun

ALABAMA - Toyota dan Mazda mengumumkan akan membangun pabrik gabungan mereka di Huntsville, Alabama.

Pabrik tersebut akan menghabiskan dana investasi sebesar USD 1,6 miliar atau setara dengan Rp 21,48 triliun dengan jumlah kapasitas produksi mencapai 300 ribu unit per tahun. Di pabrik ini Toyota akan memproduksi Toyota Corolla dan Mazda akan memproduksi crossovernya yang masih belum dipastikan.

Diperkirakan pabrik ini akan dibuka pada tahun 2021 dan berjarak sekitar 22 km dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Alabama yang memproduksi sejumlah mesin untuk beragam model seperti Camry, Highlander dan Tundra. Fasilitas produksi ini akan menciptakan sekitar 4.000 pekerjaan baru dan menjadi fasilitas produksi Toyota ke 11 di Amerika Serikat.

“Mazda akan membuat kendaraan dengan visi yang jelas, bagaimana kami ingin menginspirasi orang, berkontribusi pada masyarakat dan membantu menjaga kelestarian alam. Dengan membuat sejumlah pabrik di Alabama ini, kami berharap bisa mendapat tempat istimewa hati masyarakat dan karyawan kami,” tutur Masamichi Kogai, CEO Mazda.

Hal senada pun disampaikan oleh Akio Toyoda, President Toyota yang mengatakan bahwa mereka ingin meraih keusksesan di kota ini dan Amerika Serikat.

“Investasi kami untuk membangun fasilitas produksi dengan Mazda ini merupakan hasil dari kesuksesan yang telah kami raih di Alabama, tempat di mana kami memproduksi mesin kendaraan-kendaraan di Amerika Utara,” tambahnya.

Kerjasama Toyota dengan beberapa produsen mobil lainnya memang cukup banyak. Jika di Amerika Serikat Toyota menggandeng Mazda, maka di India Toyota menggandeng Suzuki untuk menciptkan kendaraan listrik.

Sementara di Indonesia, kerjasama Toyota dengan Daihatsu sangatlah kuat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kendaraan kembar yang mereka hadirkan. Kendaraan terbaru mereka adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Hasil kerjasama mereka selama ini pun membuahkan hasil manis dengan berhasilnya Toyota dan Daihatsu bertengger di pemuncak APM terlaris di Indonesia. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang