Toyota, Daihatsu Diduga Luncurkan Mobil Bareng 28 April 2021! Raize-Rocky?

Berita Otomotif

Toyota, Daihatsu Diduga Luncurkan Mobil Bareng 28 April 2021! Raize-Rocky?

JAKARTA -  Toyota dan Daihatsu diduga meluncurkan mobil baru bareng pada 28 April 2021. Jika benar, ‘sinyal’ yang ada merujuk pada model Raize-Rocky.

Toyota maupun Daihatsu, pada pertengahan pekan ini, sama – sama mengirimkan surat undangan sebuah acara virtual melalui surel. Tajuk peluncuran tersebut sama yaitu ‘Kolaborasi Toyota dan Daihatsu: Sinergi untuk Negeri’.

Seremoninya dijadwalkan terjadi pada Rabu (28/4/2021) mendatang. Seperti kebiasaan di masa pandemi virus Corona (Covid-19) sejak Maret tahun lalu, seremoni tersebut bakal digelar secara virtual melalui akun YouTube resmi Toyota Indonesia maupun Daihatsu Indonesia pada pkl. 11.00 – 11.30 WIB.

Belum jelas, apakah sebenarnya acara ini. Jika ini adalah sebuah peluncuran, indikasi – indikasi yang ada dari pemberitaan Mobil123.com sebelumnya mengarah pada duo sport utility vehicle (SUV) Raize – Rocky.

Toyota Raize

Berikut ini rincian dari ‘tanda – tanda’ yang dimaksud:

  • Nama Raize dan Rocky sudah muncul di dalam berbagai dokumen pemerintah yang bocor ke publik. Nama keduanya terlihat di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaaraan Bermotor Tahun 2021, juga dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 mengenai daftar mobil yang dapat insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mulai Maret tahun ini.
  • Raize dan Rocky sudah diketahui akan menjadi produk kolaborasi Toyota – Daihatsu di Indonesia. Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), mengakui bahwa SUV kompak tersebut akan diproduksi di Indonesia.
  • Amelia juga menjelaskan bahwa Rocky akan meluncur suatu waktu pada tahun ini. Selama ini, berdasarkan rekam jejak, Toyota – Daihatsu sendiri selalu meluncurkan produk hasil kolaborasi mereka berbarengan. Ini bisa dilihat mulai dari Avanza – Xenia, Rush – Terios, Agya – Ayla, sampai dengan Calya – Sigra.
  • Tenaga penjual dealer resmi Toyota, ketika dihubungi Mobil123.com, mengatakan bahwa Raize menurut informasi yang ia terima berencana diluncurkan pada April 2021.

Daihatsu Rocky

Tentu saja, belum ada konfirmasi dari Toyota – Daihatsu mengenai dugaan ini. Mari kita tunggu bersama apakah Raize-Rocky benar – benar mengaspal di Indonesia pada 28 April 2021. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar