Toyota C-HR Hybrid Diprediksi Akan Memakan Saudaranya Sendiri

Berita Otomotif

Toyota C-HR Hybrid Diprediksi Akan Memakan Saudaranya Sendiri

JAKARTA - Toyota C-HR hybrid dipercaya bakal mengambil konsumen milik varian mesin bensin yang sudah terlebih dahulu meluncur.

C-HR hybrid resmi mengaspal di Indonesia pada Senin (22/4/2019), melengkapi varian bermesin 1.8-liter yang sudah hadir sejak awal tahun lalu. Adapun harga on-the-road (OTR) Jakarta Rp 523.350.000 juta untuk tipe Single Tone, sedangkan tipe Dual Tone Rp 524.850.000.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa dengan kehadiran opsi hybrid, target penjualan C-HR per bulan akan menjadi 50 unit. Pembagiannya adalah 10 unit dari C-HR bermesin konvensional dan 40 unit dari yang hybrid. Proyeksi penjualan C-HR bermesin pembakaran dalam sendiri menurun dengan kehadiran ‘saudara’ barunya karena sebelumnya bisa sekitar 30 unit per bulan.

“Memang kami perkirakan akan ada pergeseran dari konsumen C-HR yang biasa ke yang hybrid. Karena perbedaan harganya, kan, relatif kecil yaitu hanya Rp 30 juta dan pasar yang dimasuki C-HR niche (sangat terbatas),” ucap dia meladeni pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran C-HR hybrid di Jakarta.

Alasan kanibalisasi ini tak lain karena selisih harga yang memang dipasang relatif kecil. C-HR hybrid hanya Rp 30 juta lebih mahal ketimbang 'saudaranya'.

“Kami rasa perbedaan Rp 30 juta di segmen ini tidak terlalu tinggi ya secara psikologis. Karena ini, kan, segmennya mobil kedua atau ketiga. Bagi mereka, hanya menambah Rp 30 juta tapi sudah dapat hybrid dengan fitur seperti itu rasanya worth it,” tandas Anton.

C-HR hybrid untuk saat ini masih diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Thailand. Konsumsi bahan bakar minyaknya diklaim lebih hemat 62 persen dibandingkan versi mesin bensin, sementara produksi emisi gas buangnya lebih kecil 60 persen.

Di bawah kap depan, mensin konvensional berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc dipadukan dengan baterai ion-lithium dan motor penggerak listrik. Daya maksimal mesinnya mencapai 139 hp dengan torsi 141 Nm, sementara motor listriknya berdaya 35,5 hp.

Sebagai padanannya, Toyota memberikan transmisi otomatis Continuosly Variable Timing (CVT) 7-percepatan yang menyalurkan tenaga ke dua roda depan.

Kota-kota Besar
Anton menjelaskan bahwa pihaknya sudah mendatangkan 40 unit C-HR hybrid dari Thailand untuk bulan ini, sesuai dengan perkiraan target penjualannya. Distribusinya menyasar dealer-dealer di kota besar karena di sana lah permintaan diprediksi berasal.

“Lebih dari separuhnya di Jakarta. Kemudian ada di kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, dan di luar Pulau Jawa juga ada. Tapi kalau ada yang memesan di dealer mana pun pada prinsipnya kami akan memenuhi,” tutup Anton. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support