Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Belum Mau Jual Mobil Listrik Semurah Wuling Air EV di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Belum Mau Jual Mobil Listrik Semurah Wuling Air EV di Indonesia

TANGERANG – Untuk saat ini, jangan berharap Toyota menjual mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) berharga semurah Wuling Air EV di Indonesia.

Air EV merupakan mobil listrik murni termurah yang dijual oleh agen pemegang merek (APM) di Tanah Air. Peluncurannya terjadi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang.

Harga on the road (OTR) Jakarta Air EV Rp238 juta untuk tipe Standard Range (200 km) dan Rp295 juta bagi yang Long Range (300 km).

Ketika dimintai tanggapan, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa pihaknya untuk sementara hanya akan mempenetrasi pasar mobil listrik murni lewat merek Lexus.

Dia tidak bersedia membeberkan sampai kapan ini mereka lakukan.

“Kami melihat segmen premium adalah yang paling siap pada saat ini,” ucap Anton merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela GIIAS 2022.

Toyota, melalui Lexus, baru menjual satu mobil listrik murni yaitu UX 300e. Crossover berbanderol di atas Rp1 miliar tersebut meluncur pada 2020 silam.

Model-model plug-in hybrid (PHEV) Toyota yang dijual untuk khalayak umum pun, sampai sekarang, cuma berasal dari merek Lexus.

Sebenarnya, ada Toyota Prius PHEV yang meluncur pada Maret 2020. Namun, sampai sekarang, penjualannya masih fokus pada konsumen fleet (korporasi).

Dengan demikian, teknologi elektrifikasi tertinggi dari merek Toyota yang saat ini dipasarkan secara massal hanya mobil hybrid. Opsi yang masih eksis ialah Toyota Camry hybrid, Toyota Corolla Altis hybrid, Toyota Corolla Cross hybrid, Toyota C-HR hybrid.

Pada 2022, mereka diketahui berencana menambahnya lagi dengan merilis Toyota Kijang Innova hybrid.

Toyota sendiri sudah memasarkan model-model berteknologi elektrifikasi di Tanah Air sejak 2009. Sampai Juli 2022, total penjualannya mencapai lebih dari 6.600 unit.

Dalam GIIAS 2022, pabrikan otomotif terlaris dunia asal Jepang itu memperkenalkan mobil listrik Toyota bZ4X. Sayang, SUV nihil emisi gas buang tersebut hanya ingin dipamerkan, bukan dijual.

“Saya rasa itu (bZ4X) indikator sangat jelas bahwa merek Toyota sendiri ke depannya akan masuk ke mobil listrik murni,” pungkas Anton.

“bZ4X kami impor dari Jepang. Memang, pada saat ini kami masih diskusi dengan prinsipal. Jadi, detailnya belum bisa diberitahukan karena masih banyak hal yang kami bicarakan,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang