Toyota Bawa 4 Model ke Pameran Mobil Listrik, Salah Satunya Segera Diluncurkan

Berita Otomotif

Toyota Bawa 4 Model ke Pameran Mobil Listrik, Salah Satunya Segera Diluncurkan

JAKARTA - Toyota memboyong empat model ke pameran mobil listrik yang berlangsung mulai Rabu (4/9/2019) di Jakarta. Salah satunya adalah Prius PHEV yang rencananya segera meluncur di Indonesia tahun ini, antara Oktober - Desember.

Pameran yang dimaksud adalah Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Berlokasi di Balai Kartini, IEMS 2019 akan digelar hingga Sabtu (7/9/2019).

IEMS hadir hampir sebulan setelah pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Mobil Listrik. Di dalamnya berisi 17 insentif untuk mempercepat terbentuknya pasar dan industri mobil listrik di Nusantara.

Lebih lanjut, merek-merek seperti Toyota, Mitsubishi, serta Wuling akan menampilkan mobil listrik mereka di IEMS 2019. Toyota sendiri membawa empat model dengan teknologi yang bervariasi.

“Kami akan menampilkan hybrid electric vehicle melalui C-HR hybrid, plug-in hybrid electric vehicle lewat Prius Prime PHEV, battery electric vehicle melalui I-Road, dan fuel cell electric vehicle lewat Mirai,” kata Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) melalui pesan singkat.

Sebagai informasi, teknologi hybrid memadukan antara mesin konvensional dengan baterai serta motor penggerak listrik. Pengisian daya baterai hanya bisa dilakukan oleh mesin. C-HR hybrid telah mengaspal di Indonesia sejak April tahun ini, setelah sebelumnya Camry hybrid meluncur terlebih dahulu pada Januari.

Plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) juga masih mengombinasikan mesin pembakaran internal dengan baterai plus motor listrik. Akan tetapi, pengecasan daya baterai sudah dilakukan oleh sumber listrik eksternal. Prius Prime PHEV diproyeksikan sebagai mobil listrik terbaru ketiga Toyota tahun ini.

Mobil listrik murni, di sisi lain, benar-benar hanya mengandalkan motor penggerak serta baterai. Adapun I-Road adalah mobil listrik mungil tiga roda berkapasitas satu penumpang yang pernah mejeng dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Serpong, Tangerang.

Terakhir adalah fuel cell vehicle (FCV). Meski ada baterai serta motor penggerak listrik, sumber dayanya adalah hidrogen. Mirai pernah muncul dalam GIIAS 2016.

“Melalui acara seperti IEMS ini, kami ingin berbagai kepada publik tentang teknologi lengkap listrik yang tersedia untuk memulai diskusi dan studi tentang kekuatan dan tantangan dari setiap teknologi yang sesuai dengan kondisi Indonesia,” tukas Soerjopranoto.

Toyota sudah berencana merilis dan membuat mobil hybrid murah di Indonesia pada masa mendatang. Perakitan dimulai pada 2022. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar