Toyota: Mobil Hybrid yang Nanti Kami Buat di Indonesia Belum Tentu C-HR

Berita Otomotif

Toyota: Mobil Hybrid yang Nanti Kami Buat di Indonesia Belum Tentu C-HR

JAKARTA - Toyota mengatakan ada kemungkinan bahwa mobil hybrid pertama yang mereka rakit di Indonesia bukanlah C-HR.

Seperti diketahui, C-HR hybrid mengaspal di Indonesia pada akhir April dengan harga on-the-road Jakarta mulai Rp 523 juta. Banderolnya masih mungkin turun ketika regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang berisi insentif-insentif untuk mobil hybrid dan mobil listrik murni nantinya terbit.

Melalui aturan tersebut pemerintah ingin agar mobil-mobil ‘hijau’ yang memanfaatkan insentif akhirnya diproduksi di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. Toyota, di sisi lain, membeberkan bahwa belum tentu mobil itu adalah hybrid terbaru mereka.

“Ini karena C-HR hybrid saat ini, kan, sudah diproduksi di Thailand. Artinya, sudah akan ada produksi di sana sampai beberapa tahun ke depan,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) kepada Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Atas alasan itu, ia menjelaskan TAM distributor resmi merek tersebut di Indonesia masih harus berbicara banyak dengan prinsipal di Jepang menyangkut perakitan lokal C-HR hybrid. Tak hanya TAM, diskusi pun mesti melibatkan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai produsen resmi mobil-mobil mereka di negeri ini.

“Kami semua sebagai tim memikirkan bagaiman bisa mengintroduksi model-model hybrid dan mobil terelektrifikasi lain di sini ke depannya,” tandas Anton.

Toyota sendiri masih akan memperkenalkan mobil hybrid lain di Nusantara tahun ini. Sayang, modelnya masih dirahasiakan.

Visi Hybrid Murah
Toyota, melalui Anton, juga menjelaskan visi untuk kelak merilis mobil hybrid berharga terjangkau di Indonesia. Semua masih dalam studi dan rencana di masa mendatang.

“Dulu, kan, Prius harganya cukup mahal. Rp 600 - 700 juta-an. Kemudian Camry hybrid, Rp 800 juta-an. Alphard hybrid lebih dari Rp 1 miliar. Kami lalu meluncurkan C-HR hybrid dengan harga jauh lebih terjangkau dibanding model-model lain. Kami mulai dari situ dan tidak menutup kemungkinan ke depannya kami meluncurkan produk-produk lebih terjangkau lain,” paparnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support