Tips Memilih Foglamp agar Tidak Salah Beli

Panduan Pembeli

Tips Memilih Foglamp agar Tidak Salah Beli

JAKARTA – Lampu kabut atau foglamp belakangan ini semakin umum digunakan oleh pengguna kendaraan, perhatikan agar tepat memilihnya sesuai kebutuhan.

Keberadaan foglamp memang memiliki peran untuk untuk membantu pengemudi ketika berkendara pada cuaca berkabut dan hujan. Dengan ini maka jarak pandang pengendara diharapkan bisa meningkat.

Contohnya saat menerobos kabut ketika melalui pegunungan atau saat hujan, dimana lampu utama terkadang tidak optimal menembus pekatnya kabut. Fungsi foglamp untuk membantu pengemudi untuk memberikan penerangan ke jalan, serta menjamin keamanan mobil saat berkendara pada saat kondisi visibilitas minim.

Namun memilih foglamp boleh dikatakan susah-susah gampang. Ini karena banyaknya produk yang mengisi pasar foglamp di indonesia. Untuk itu, PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) memberikan beberapa tips sederhana untuk memilih foglamp.

“Disarankan untuk untuk menggunakan bohlam jenis Halogen ataupun LED yang memberikan cahaya berwarna kuning. Alasannya, karena cahaya warna kuning bisa menembus kabut dan hujan. Idealnya cahaya warna ini pada 3.000 Kelvin,” ungkap Hendry Lo selaku Managing Director PT LPI.

Karena posisi foglamp umumnya berada di posisi yang rendah, Ia juga menyarankan untuk menggunakan foglamp waterproof. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu khawatir foglamp mengalami kerusakan bila terpaksa menerobos genangan air. Selanjutnya adalah menggunakan foglamp yang telah dilengkapi dengan fitur reflektor. Dengan ini maka penerangan yang dihasilkan bisa dioptimalkan sesuai kebutuhan kondisi dan sang pengendara.

Dengan penggunaan yang tepat, usia lampu kabut bisa sangat panjang. Kerusakan umumnya disebabkan oleh invasi air yang menyebabkan lensa atau rumah foglamp dan kelistrikan tidak berfungsi. Secara teoritis usia foglamp dengan lampu janis halogen sekitar 350 jam, dan jenis LED bisa lebih dari 500 jam.

Hendry juga menambahkan bahwa saat ini Lowin telah menyediakan beberapa pilihan foglamp bermerek DLAA. Untuk lampu kabut universal dan replacement, Lowin menyediakan untuk kendaraan berlabel Toyota, Honda, Volkswagen, Nissan, Suzuki, Mazda, Isuzu, Mitsubishi, Daihatsu dan lainnya.

Cara mendapatkan produk keluaran Lowin pun sangat mudah. Cukup hubungi kantor Lowin yang beralamat lengkap di  di Jl. Karang Anyar Raya No. 55 Blok C5, Jakarta Pusat. Untuk no telp (021) 021 62301676. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar