Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sempat Ditunda, Bali Segera Terapkan Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Sempat Ditunda, Bali Segera Terapkan Tilang Elektronik

JAKARTA - Setelah sempat ditunda, sekitar sebulan atau dua bulan ke depan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/E-TLE) rencananya mulai berlaku di Bali.

Kepolisian Daerah (Polda) Bali tadinya ingin menerapkan teknologi tersebut pada Februari 2022, sebagai bagian dari peluncuran tilang elektronik nasional tahap kedua. Akan tetapi, jadwal akhirnya diundur.

“Beberapa Polda sudah menerapkannya. Sudah launching (peluncuran). Untuk Polda Bali sebenarnya mengikuti launching tahap kedua nanti. Memang rencananya 18 Februari ini, namun diundur. Ada penundaan sebentar, arahan Korlantas Polri (Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia). Biar lebih matang persiapannya,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Bali Kompol Rahmawati Ismail, seperti dikutip dari situs resmi Polri.

Rahmawati menegaskan ‘Pulau Dewata’ pasti menerapkan tilang elektronik tahun ini. Bahkan, menurut jadwal terbaru, waktunya sudah amat dekat.

“Launching pada Maret atau April 2022,” bebernya.

Penerapannya di Bali dilakukan bertahap. Titik awal implementasi adalah Simpang Buagan, dari Jl. Imam Bonjol sampai Jl. Teuku Umar.

Kamera CCTV canggih untuk tilang elektronik di sana, lanjut Rahmawati, sudah terpasang sejak tahun lalu. Uji coba pun telah mereka gelar.

Sekarang tinggal menunggu eksekusinya.

“Sudah tahap sosialisasi dan uji coba. Jadi sudah siap digunakan dan sudah bisa melakukan pengiriman surat konfirmasi. Persiapan personel yang bertugas juga sudah siap,” jelasnya.

Setelah Simpang Buagan, penerapan tilang elektronik pada titik-titik lain di pulau paling terkenal di Indonesia itu akan menyusul. ‘Target’ kedua, bongkar Rahmawati, ialah Nusa Dua.

Pasalnya, di sana akan banyak kegiatan dari berbagai perwakilan negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sekadar mengingatkan, Indonesia memegang presidensi G20 setahun penuh, mulai dari Desember 2021 sampai November 2022.

"Ke depannya Nusa Dua, (sebagai) kesiapan mobilitas kegiatan G20. Kami baru ajukan permintaan dari Polda Bali ke Korlantas untuk kesiapan kegiatan itu. Memang, ini ke depan rencananya diperbanyak dan disempurnakan secara bertahap," tukas Rahmawati.

"Seluruh Polres (Kepolisian Resor), otomatis seluruh wilayah, harus siap. Tapi, memang butuh waktu dan anggaran yang banyak," tutupnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang