Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Toyota Veloz: Terbukti Bisa Mengerem Sendiri, asalkan…

Review

Test Drive Toyota Veloz: Terbukti Bisa Mengerem Sendiri, asalkan…

JAKARTA – Sebuah test drive mendebarkan digelar demi menguji 'kesaktian' teknologi Toyota Safety Sense (TSS) pada Veloz terbaru. Soalnya, dalam salah satu sesi pengujian, Mobil123.com malah diminta tetap menginjak pedal gas meski di depan terdapat potensi tabrakan.

Baik Veloz maupun Avanza generasi termutakhir, yang meluncur pada November 2021, memang dilengkapi teknologi serta fitur terbilang canggih. Dua yang utama adalah bantuan keselamatan aktif TSS serta teknologi konektivitas T Intouch.

TSS pada Veloz terdiri dari fitur Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Front Departure Alert.

Sementara, daftar fitur pada T Intouch antara lain adalah Find My Car, Geofencing, Stolen Vehicle Tracking, Road Assistance, serta Vehicle Info.

Veloz juga dilengkapi beragam fitur modern lain. Salah satu contohnya ialah All Round View Camera.

Lantas, bagaimana kinerja teknologi maupun sebagian fitur pada Veloz, berdasarkan hasil test drive pada Kamis (30/6/2022) pagi hingga malam kemarin di Jakarta? Berikut ulasannya.

T Intouch: Find My Car

Dalam test drive, pengujian teknologi T Intouch Veloz difokuskan pada fitur Find My Car. Mobil123.com ditantang menemukan lokasi unit berdasarkan titik yang ditunjukkan oleh peta digital di dalam fitur tersebut.

Titik yang ditunjukkan memang tepat. Namun, fitur Find My Car belum bisa merekomendasikan rute tercepat dari tempat Mobil123.com mengawali test drive (Blok M) menuju lokasi unit Veloz telah diregistrasikan dalam aplikasi mToyota (Senayan).

Head Unit 9 Inci dengan Android Auto

Dari Senayan, Mobil123.com bersama rombongan menuju ke lokasi-lokasi selanjutnya yang telah ditentukan.

Adapun rutenya bisa dilihat dari navigasi Google Maps yang terlihat dari layar Head Unit 9 Inci yang bisa dihubungkan dengan gawai pintar melalui fitur Android Auto.

Berkat Android Auto, musik-musik dari aplikasi Spotify pun bisa ditampilkan dan dimainkan via Head Unit.

Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention

Fitur dalam Toyota Safety Sense yang dijajal selama berada di jalan tol adalah Lane Departure Warning serta Lane Departure Prevention.

Keduanya hanya aktif ketika mobil melaju di atas 60 km per jam dan marka jalan terlihat dengan jelas—seperti di tol.

Lane Departure Warning memberikan peringatan suara ketika sistem mendeteksi mobil menyerong dari jalurnya. Lalu, Lane Departure Prevention mengintervensi setir agar mobil tetap berada di jalur tersebut.

Front Departure Alert

Di salah satu lokasi pemberhentian, Toyota membuatkan trek khusus demi mendemonstrasikan 'kesaktian' fitur-fitur TSS yang lebih canggih lagi. Fitur pertama yang disimulasikan di sini ialah Front Departure Alert.

Fitur tersebut berfungsi memberikan sinyal bunyi serta visual kepada pengendara, ketika mobil di depan melaju.

Front Departure Alert pada TSS Veloz, menurut instruktur Toyota, aktif dalam dua kondisi: tuas transmisi dalam posisi N (Netral) serta fitur Electric Parking Brake dalam kondisi mati.

Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Pedal Misoperation Control

Bagian paling seru adalah saat mengetes tiga fitur TSS pada Veloz sekaligus: Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, plus Pedal Misoperation Control.

Bagaimana tidak, Mobil123.com diminta terus menekan pedal gas di trek lurus, meski di depan ada obyek besar yang terbuat dari styrofoam.

Saat sudah cukup dekat dengan obyek tersebut, Pre-collision Warning memberikan sinyal bunyi keras sebagai peringatan. Tapi, ketika pedal gas malah terus diinjak, giliran Pre-collision Braking yang mengaktifkan rem darurat otomatis hingga mobil berhenti dengan sendirinya.

Dalam briefing sebelum itu, pihak Toyota meminta Mobil123.com untuk terus menekan pedal gas secara konstan.

Jika tekanan kaki pada pedal gas berkurang atau malah menjadi lebih dalam, sistem Pre-collision Braking pada TSS akan menyimpulkan bahwa pengemudi dalam kondisi sadar ketika mengemudi, sehingga rem darurat otomatis tidak bekerja.

Setelah Veloz yang dijajal berhenti sempurna berkat Pre-collision Braking, instruktur malah lanjut meminta pedal gas ditekan dalam-dalam meski obyek sudah berjarak dekat.

Tapi, dalam kondisi tersebut, fitur Pedal Misoperation Control menghentikan lagi laju mobil agar tidak menabrak obyek tersebut.

All Round View Monitor

Terakhir, Mobil123.com ditantang memundurkan serta memarkirkan mobil dengan seluruh kaca ditutup. Satu-satunya yang membantu adalah fitur All Round View Monitor melalui Head Unit Veloz.

Tampilan layar sebelah kiri menunjukkan penampakan mobil 360 derajat dari sisi atas. Sementara, sisi kanan layar menunjukkan penampakan belakang mobil. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang