Test Drive All-new Toyota Rush 2018, Nantikan Kejutan Berikutnya

Berita Otomotif

Test Drive All-new Toyota Rush 2018, Nantikan Kejutan Berikutnya

JAKARTA - All-new Toyota Rush 2018 muncul dengan 2 kejutan, tampilan yang benar-benar berubah disusul dengan harga jualnya tidak berbeda dengan model sebelumnya, lalu bagaimana dengan performanya?

Awal 2018 Toyota Astra Motor (TAM) memberikan sedikit kejutan, yakni mengumumkan bahwa all-new Toyota Rush 2018 tidak mengalami kenaikan harga. Artinya sama dengan model sebelumnya.

Ini benar-benar kejutan, namun kemudian menyisakan beberapa pertanyaan. Apakah ini lakukan demi menyikapi persaingan penjualan mobil di kelas harga tersebut yang kini tergolong kompetitif? Sebut saja apakah ini menyikapi persaingan dengan pendatang baru Mitsubishi Xpander yang tengah mengalami bulan madu?

Artikel bersambung dibawah

Memang keduanya, Rush dan Xpander bermain di kelas berbeda yakni low SUV serta low MPV. Namun keduanya memiliki model persilangan alias crossover, Rush SUV rasa MPV sementar Xpander MPV beraroma SUV.

Pertemuan pada titik ini tentunya membuat persaingan menjadi menarik. Dan sepertinya, karena datang lebih akhir, TAM mencoba membuat kompetisi lebih menarik dengan memberikan tawaran harga yang tergolong kompetitif. Ini membuat nyaris tidak ada perbedaan harga dari keduanya.

Dari sisi lain, apa yang dilakukan TAM tentunya sedikit kontradiktif dengan peryataan Vice President Director mereka Henry Tanoto. Ia menyebutkan bahwa harga all-new Toyota Rush 2018 bisa bertahan karena 2 faktor.

“Didukung peningkatan efisiensi dan proyeksi ekonomi makro yang stabil pada 2018 ini, harga all-new Toyota Rush 2018 ditetapkan sama dengan model sebelumnya,” jelas Henry.

Jika dilihat dari efisiensi, wajar jika TAM bisa mempertahankan harga jualnya. Namun jika melihat proyeksi ekonomi makro, rasanya ini agak sedikit bertolak belakang. Pertanyaannya, jika optimis ekonomi membaik, kenapa harga dipertahankan?

Idealnya Toyota optimis dengan memberikan harga jual yang lebih tinggi pada all-new Toyota Rush 2018 dibandingkan dengan model sebelumnya. Ini sejarah, sepertinya baru kali ini TAM melakukan hal seperti ini, biasanya mereka optimis memasang harga lebih tinggi pada model-model terbaru jika dibanding versi lawasnya.

Hal ini juga didukung dengan Rush yang cukup populer di Indonesia, lebih kurang 250 ribu unit telah terjual sejak pertama kali kemunculannya di 2006. Positifnya, pada titik ini konsumen bisa dibilang diuntungkan.

Yang juga tak kalah menarik adalah all-new Toyota Rush 2018 memiliki tampilan jauh berubah dari model terdahulunnya. Pujian cukup banyak mengalir saat pertama kali diperkenalkan ke publik pada November 2017.

Desain eksteriornya kini tampak modern berikut dengan ruang interior berikut dengan fitur kelengkapannya.

Baca juga : All-new Toyota Rush Dibanderol Rp 3 Juta lebih Mahal Dibanding Model Lama

Lalu bagaimana dengan performanya? Mobil123 hari ini dan besok (9-10 Januari 2018) mendapat kesempatan untuk melakukan first drive all-new Toyota Rush 2018 bersama beberapa media nasional. Ketangguhan SUV rasa MPV ini akan diuji pada rute seputaran Surabaya – Malang.

Simak beberapa hal yang akan disimpulkan oleh Mobil123.com pada artikel berikutnya. Apakah all-new Toyota Rush 2018 akan memberikan kejutan berikutnya? [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual