Ternyata Ini Alasan Suzuki Hustler Tidak Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

Ternyata Ini Alasan Suzuki Hustler Tidak Dijual di Indonesia

JAKARTA - Ketika pertama kali diperlihatkan pada publik Indonesia di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Suzuki Hustler menarik banyak perhatian. Namun, Suzuki kesulitan menjual mobil ini di Indonesia. Apa alasannya?

Kesulitan itu menurut Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales Davy J. Tuilan bukan karena mobil ini tidak disukai atau permintaan yang sedikit, melainkan karena regulasi Indonesia yang berbeda dengan negara lain.

"Kita sebenarnya sangat ingin menjual mobil ini di Indonesia, tahun lalu kan sambutannya luar biasa. Tapi ada banyak hal yang membuatnya sulit untuk kami datangkan."

"Sulit untuk menembus homologasi di Indonesia. Di tataran internasional kan semua pabrikan kini konsentrasi pada pengurangan bobot untuk menambah efisiensi. Banyak cara yang dilakukan untuk mencapai hal itu."

"Sebagai contoh, kaca mobil. Kaca mobil Hustler kan tidak setebal mobil-mobil yang ada di Indonesia, tapi jangan salah, kekuatannya sama dengan kaca yang biasa dipasang di mobil. Tapi karena regulasi di Indonesia menekankan pada ketebalan, bukan kekuatan, jadi tidak lolos. Ada beberapa hal lain yang juga membuatnya tidak bisa sesuai dengan regulasi yang ada di sini," papar Davy.

Suzuki Hustler sendiri memang memiliki desain menarik. Mobil 4 penumpang itu dilengkapi fitur seperti push stop button, audio kontrol, audio double DIN.

Suzuki Hustler memiliki dimensi panjang 3,395mm, lebar 1,475, serta tinggi 1,665mm. Suzuki Hustler dibekali dengan mesin DOHC kapasitas 660cc 3 silinder.

Apalagi mobil yang masuk kategori Kei Car itu sukses pula meraih predikat mobil compact (kecil) terbaik di Jepang dari Konferensi Peneliti dan Jurnalis Otomotif Jepang (RJC) 2014.

Suzuki Hustler adalah mobil kelima yang meraih predikat mobil compact terbaik setelah beberapa model Suzuki sebelumnya yakni Suzuki Wagon R di 1993, Wagon R dan Wagon R Stingray di 2008, dan Swift pada 2005 dan 2010. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual