Tata Magic Iris Terganjal Infrastruktur CNG

Mobil Baru

Tata Magic Iris Terganjal Infrastruktur CNG

JAKARTA - Belum tersebarnya SPBG CNG di seluruh Indonesia, membuat PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) masih belum berniat untuk meluncurkan kendaraan super kompaknya Tata Magic Iris.

Hal ini disampaikan langsung oleh President Director PT TDMI Biswadev Sengupta ketika ditanya soal persiapkan kendaraan ramah lingkungan. Ini tentunya berkaitan dengan semangat Pemerintah baru-baru ini yang akan mencanangkan regulasi Low Carbon Emission Vehicle (LCEV)

PT TDMI sendiri sejatinya telah memiliki model kendaraan yang cocok dengan program pemerintah tersebut yakni Tata Magic Iris. Dengan ukuran yang sangat kompak dan berbahan bakar CNG, mobil yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 ini dianggap dapat menjadi salah satu jawaban atas regulasi LCEV.   

"Kami dalam posisi menunggu, karena seperti kita ketahui infrastruktur SPBG baru ada di Jakarta. Kami menunggu sampai Pemerintah melakukan penyebaran pembangunan SPBG di daerah-daerah lainnya," ujar Biswadev. 

Biswadev juga menilai bahwa teknologi CNG dipilih karena memang paling visibel dan dianggap sebagai bahan bakar alternatif paling mudah untuk dikembangkan. Negara-negara berkembang di masa mendatang akan mengandalkan CNG seperti di India yang sudah memiliki pabrik dan teknologi ini digunakan untuk transportasi umum. 

Lebih jauh mencermati Tata Magic Iris, dengan dimensinya yang imut-imut (panjang 2.960 mm, lebar 1.512, tinggi 1.800 mm dan wheelbase 1.620 mm) mungkin Anda akan bernostalgia ke jaman Daihatsu S38, Mitsubishi Minicab atau Suzuki ST20 atau yang akrab disebut Suzuki Truntung. Memiliki daya tampung hingga 5 penumpang plus barang, Magic Iris dibangun di atas chasis berstruktur baja berikut dengan body-nya.

Untuk sistem penggerak mobil ini mengandalkan mesin satu silinder 611 cc bertenaga 11 hp dan torsi 31 Nm. Tata menyandingkan mesin ini dengan transmisi manual 4-kecepatan. 

Jika ke depan Tata Magic Iris jadi diluncurkan, PT TDMI optimis bahwa masyarakat Indonesia dapat memanfaatkannya untuk beragam kegunaan. Mulai dari angkutan pedesaan hingga digunakan sebagai alat transportasi umum terutama di wilayah perkotaan padat sama seperti di India. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual