Tanggapan BMW Setelah Tak Dipilih Jadi Mobil Kepresidenan Baru Jokowi

Berita Otomotif

Tanggapan BMW Setelah Tak Dipilih Jadi Mobil Kepresidenan Baru Jokowi

JAKARTA - BMW mewajari kekalahan mereka di tender mobil kepresidenan baru untuk Joko Widodo.

Jodie O’Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, mengatakan bahwa di segmen kendaraan premium ada merek yang memang lekat dengan citra mobil pemerintahan. Ia mengakui BMW tidak termasuk di dalamnya.

“Setiap merek, kan, punya pemosisian masing-masing. Seperti di luar, pemerintahan itu sangat lekat dengan satu merek tertentu dan itu memang sudah dibawa sejak dahulu kala. Pemosisian merek itu dari awal memang mobil pemerintahan, mobil kepresidenan. Tapi kalau bicara mengenai artis, hal-hal yang sifatnya dinamis, dunia hiburan, kita bicara BMW,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai konferensi pers #MINI60YearsJKT pertengahan pekan ini di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, BMW pada 2019 mengikuti tender mobil dinas untuk orang nomor satu dan orang nomor dua di negara ini. Adapun lawannya sang musuh besar yang telah menjadi 'langganan' pemerintahan berbagai negara, Mercedes-Benz.

Namun, pada akhirnya Mercedes-Benz kembali menang melalui sistem penunjukan langsung. Oleh karena itu, Presiden Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin bakal menggunakan S 600 Guard selama masa kepemimpinan mereka pada 2019 - 2024.

Pada periode periode pertamanya sebagai Presiden pada 2014 - 2019, Jokowi juga menggunakan Mercedes-Benz ‘peninggalan’ pemimpin sebelumnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun mobil kepresienan yang lama adalah S 600 Pullman Guard.

Lebih lanjut, Jodie menjelaskan bahwa para konsumen BMW lebih banyak yang berprofil sebagai figur publik, pemengaruh opini, aktor, aktris yang masih ingin merasakan sensasi mengendarai mobil mereka sendiri sewaktu-waktu. BMW juga kerap digunakan di fim-film Hollywood serta sebagai kendaraan premium di jaringan hotel kelas atas.

“Mungkin ke arah sana. Bukan pemosisian sebagai mobil pemerintahan. Itu bisa dilihat juga dari high security vehicle yang kami punya yaitu BMW Seri 7 generasi sebelumnya. Untuk generasi terbarunya, kami tidak punya versi high security vehicle.

Jokowi - Ma’ruf Amin sendiri masih menunggu pengiriman mobil dinas mereka dari Mercedes-Benz. Kemungkinan, unit untuk mereka baru tiba pada akhir 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support