BMW Ciptakan Mobil Terhitam di Dunia

Berita Otomotif

BMW Ciptakan Mobil Terhitam di Dunia

FRANKFURT - BMW memperkenalkan mobil dengan warna paling hitam di dunia yang mampu menyerap hampir seluruh cahaya yang ‘mendatanginya’.

BMW, seperti dikabarkan Business Insider baru-baru ini, berpartner dengan Surrey Nano Systems dan Levitation 29 untuk menciptakan All-New New X6 dengan lapisan warna bernama Vantablack. Cat lapisan kedua (coating) tersebut dapat menyerap lebih dari 99 persen cahaya.

Ini membuat All-New X6 Vantablack menjadi mobil berwarna paling hitam di dunia. BMW sendiri memperkenalkan dan memamerkannya dalam Frankfurt Motor Show 2019 yang masih akan berlangsung hingga 24 September mendatang.

Coating Vantablack diciptakan oleh Surrey Nano System. Kemampuannya menyerap cahaya secara radikal membuat X6 generasi ketiga hampir tidak memperlihatkan pantulan cahaya, menurut klaim Levitation 29 selaku agensi kreatif yang turut berkolaborasi.

Levitation 29 juga mengklaim bahwa menatap All-New X6 Vantablack seperti menatap ke sebuah ruang hampa. Akibat hampir tidak memiliki refleksi cahaya, orang-orang seakan-akan melihat All-New X6 Vantablack dalam bentuk dua dimensi, alih-alih tiga dimensi seperti benda riil pada umumnya.

“Mobil Vantablack pertama di dunia tersebut adalah sebuah pencapaian dan menjadi titik tolak untuk proyek-proyek selanjutnya dengan skala lebih besar, seperti sebuah stadion! Menciptakan kegelapan absolut pada skala sebesar itu pastinya akan spektakuler,” kata Benjamin Males, Direktur Levitation 29.

Bodi All-New X6 Vantablack memang terlihat seolah-olah datar. Namun, kekelaman hampir absolutnya justru menonjolkan beberapa bagian yang tidak menggunakan warna itu seperti Kidney Grille khas BMW, lampu depan ‘kembarnya’ dan lampu belakang.

Proyek ini sendiri memakan waktu hampir setahun. Sejak penggarapan konsep hingga kelar, ketiga pihak tersebut membutuhkan 10 bulan.

All-New X6 standar yang tidak berwarna Vantablack dijual dengan harga mulai 64.300 dollar AS (Rp 904,82 juta). Tidak dijelaskan, apakah warna unik satu ini juga ditawarkan kepada konsumen dan berapakah banderolnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support