Suzuki Swift Generasi Terbaru Rencananya Akan Dijual Kembali di Indonesia

Berita Otomotif

Suzuki Swift Generasi Terbaru Rencananya Akan Dijual Kembali di Indonesia

JAKARTA – Suzuki Swift ingin dihidupkan kembali dari mati surinya di pasar Indonesia. Suzuki sendiri kini sedang mempelajari preposisi yang tepat agar nantinya Swift tidak saling memakan dengan Baleno hatchback ketika diluncurkan kembali.

Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra membeberkan bahwa pihaknya saat ini sedang studi untuk kembali menghadirkan Swift. Sayang, Ia belum bersedia mengungkapkan kapan model satu ini direncanakan mengaspal di Tanah Air.

Donny hanya menjelaskan salah satu studi terhadap Swift adalah soal preposisi produk yang berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, saat ini Suzuki juga sudah memiliki Baleno hatchback.

“Jadi, kalau kami hadirkan Swift, tentunya dengan penawaran berbeda. Tidak bisa hanya dengan Swift yang seperti biasa. Misalnya saja nanti apakah menghadirkan teknologi lebih tinggi atau bagaimana,” papar Donny beberapa waktu lalu di Jakarta.  

Berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Swift memang sudah tidak lagi didistribusikan ke pasar sejak April 2017 hingga saat ini. Posisinya digantikan oleh Baleno hatchback yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada Agustus.

Sepanjang 2017, Baleno hatchback terjual sebanyak 2.548 unit. Adapun penjualannya selama Januari – April tahun ini ialah 2.427 unit.

Baleno hatchback di pasar Indonesia hanya terdiri dari satu varian yaitu GL dengan pilihan transmisi manual serta otomatis. Banderol on-the-road Jakartanya, seperti tertera di situs resmi Suzuki Indonesia, adalah Rp 199,5 juta serta Rp 212 juta bagi masing-masing tipe transmisi.

“Kami mengharapkan kami menghadirkan kembali Swift di Indonesia tapi dengan preposisi yang berbeda dari yang lama,” tandas Donny.

Diwawancarai pada kesempatan berbeda di Bogor, Jawa Barat, General Manager Strategic Planning SIS Ryohei Uchiki mengatakan bahwa di masa depan Suzuki akan makin memperkuat lini mobil compact mereka di Indonesia. Apalagi, menurutnya, Suzuki memiliki spesialisasi di mobil-mobil compact.

Dampak Pengembangan Mesin Compact Toyota – Suzuki di Indonesia
Suzuki pada akhir pekan lalu juga baru saja menyepakati kerja sama lanjutan dengan Toyota untuk mengembangkan mesin compact super irit bersama-sama di India, juga kerja sama produksi di ‘Negeri Hindustan’ untuk diekspor ke Afrika dan pasar lain. Kolaborasi ini melengkapi berbagai kolaborasi Suzuki – Toyota sejak Februari 2018.

Donny mengaku sudah mengetahui soal itu dari principal. Komunikasi antara SIS dengan principal terkait ini juga telah terjalin.

“Sudah pasti sudah ada komunikasi, tapi saya tidak bisa infokan komunikasinya seperti apa,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual