Wow, Suzuki Jimny Generasi Terbaru Berpotensi Indent Setahun

Berita Otomotif

Wow, Suzuki Jimny Generasi Terbaru Berpotensi Indent Setahun

LONDON – Suzuki Jimny generasi terbaru mendapat respons luar biasa dari pasar Inggris, seperti juga yang terjadi di Jepang. Karenanya, ada potensi indent hingga satu tahun bagi para konsumen Jimny di negara tersebut, bahkan mungkin lebih lama dari itu.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, Jimny generasi termutakhir mendapat sambutan yang jauh melebihi ekspektasi di rumahnya sendiri di Jepang. Pasalnya, dalam sebulan setelah pemesanan Jimny dibuka, Suzuki telah menerima 15 ribu order.

Padahal, Suzuki hanya menyiapkan kapasitas produksi Jimny sebanyak 15 ribu unit per tahun untuk pasar Jepang. Sayangnya, Suzuki tidak bisa menambah kapasitas perakitan sport utility vehicle (SUV) ikonik itu secara mendadak dan baru bisa melakukannya paling cepat tahun depan.

Fenomena serupa, seperti diwartakan Autocar pada awal pekan ini, terjadi pula di Inggris. Dale Wyatt, Sales and Marketing Director Suzuki Great Britain, mengklaim bahwa hingga saat ini sudah ada sekitar 4.500 orang yang mengatakan tertarik membeli Jimny melalui situs resmi mereka.

Volume tersebut lebih banyak 150 persen dari penjualan tahunan terbaik Jimny generasi terdahulu di ‘Negeri Ratu Elizabeth’.

Problemnya, jumlah itu jauh melebihi kemampuan suplai mereka. Menurut Wyatt, Suzuki Inggris hanya bisa mendistribusikan 1.100 unit Jimny pada tahun ini.

Pengiriman Jimny dengan volume lebih banyak baru terjadi pada 2019. Namun, itu pun dalam jumlah  yang tak terlalu jauh berbeda yaitu 2.000 unit setahun.

Jimny generasi terkini menjalani debut global pada Juli 2018 di Jepang. Pada Agustus 2018, Suzuki kemudian memperlihatkannya di depan publik Indonesia sebagai mobil eksebisi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

SUV kompak tersebut dibuat dalam dua varian, satu khusus untuk pasar Jepang dan lainnya bagi pasar global. Pasar Jepang mendapatkan Jimny bermesin bensin R06A 0.66-liter turbo dengan tenaga maksimal 63 hp dan torsi 96 Nm. Panjang kendaraan 3.395 mm, sedangkan lebar dan tinggi masing-masing 1.475 mm serta 1.725 mm. Ground clearance untuk pasar Jepang 205 mm.

Varian untuk pasar global dinamakan Jimny Sierra. Sistem penggeraknya sama dengan All-New Suzuki Ertiga yaitu mesin bensin berkode K15B 1.5-liter dengan daya puncak 100hp serta torsi 130 Nm. Dimensinya lebih besar ketimbang varian khusus Jepang dengan panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.730 mm. Jimny Sierra memiliki ground clearance 210 mm.

Jimny dilengkapi mekanisme sistem penggerak empat roda. Kedua varian mendapatkan opsi transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar