New Suzuki Jimny 'Meledak', Target Setahun Habis Sebulan

Berita Otomotif

New Suzuki Jimny 'Meledak', Target Setahun Habis Sebulan

KOSAI – Suzuki Jimny ‘meledak’ di Jepang. Sport utility vehicle (SUV) compact ikonik Suzuki tersebut mencapai target penjualan setahun hanya dalam satu bulan di rumah sendiri.

Suzuki, seperti dikutip dari Gaadiwaadi.com, mematok target penjualan 15 ribu unit setahun untuk Jimny generasi terbaru pasar di Jepang. Kuota produksinya pun dibatasi hanya sejumlah  itu.

Gilanya, perusahaan yang fokus pada pengembangan mobil-mobil compact itu sudah menerima 15 ribu unit pemesanan hanya satu bulan setelah peluncurannya. Sebagai informasi, Jimny termutakhir resmi mengaspal pada Juli kemarin.

Sebagai dampaknya Suzuki pun berencana menambah kapasitas produksi Jimny. Sayangnya, kebijakan tersebut baru bisa mereka lakukan pada tahun depan.

Tidak dijelaskan apakah pemesanan Jimny di ‘Negeri Sakura’ akhirnya ditutup karena kuota produksi sudah terpenuhi atau Suzuki tetap menerima inden. Jika inden masih dibuka, berarti konsumen harus ikhlas menunggu selama setahun untuk menerima unitnya.

Jimny generasi terbaru diproduksi di pabrik Suzuki di Kosai. Ini berbeda dengan generasi terdahulu yang dirakit di Iwata.

SUV satu ini terdiri dari dua varian. Satu ditujukan untuk pasar domestik dengan mesin bensin R06A berkapasitas 0.66-liter turbo, memiliki tenaga maksimal 63 hp dan torsi 96 Nm. Panjang kendaraan 3.395 mm, dengan lebar dan tinggi masing-masing 1.475 mm serta 1.725 mm.

Varian lain dimaksudkan bagi pasar luar Jepang dan bernama Jimny Sierra. Tipe ini dipersenjatai mesin yang sama dengan All-New Suzuki Ertiga yaitu mesin bensin berkode K15B berkapasitas 1.5-liter.

Daya puncaknya mencapai 100hp serta torsi 130 Nm. Dimensinya lebih besar ketimbang varian khusus Jepang dengan panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.730 mm.

Jimny generasi keempat punya ground clearance 205 m di varian Jepang serta 210 mm di varian Sierra. Ada pula mekanisme sistem penggerak empat roda. Kedua varian mendapatkan opsi transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar