Suzuki Baleno Direcall Karena Masalah Fuel Pump

Berita Otomotif

Suzuki Baleno Direcall Karena Masalah Fuel Pump

NEW DELHI – Maruti Suzuki India Limited mengumumkan untuk melakukan recall terhadap puluhan ribu unit Suzuki Baleno.

Dalam informasi yang kami dapatkan, Suzuki Baleno bermesin bensin produksi tanggal 8 Januari hingga 4 November 2019 berpotensi mengalami kerusakan pada fuel pump. Sedikitnya ada 78.222 unit yang terlibat dalam recall ini.

Seperti pada program recall umumnya, seluruh biaya perbaikan dan penggantian sparepart akan dilakukan gratis oleh Suzuki. Dengan demikian diharapkan masyarakat aktif dalam mengidentifikasi kendaraan dan langsung ke bengkel resmi.

Untuk melakukan identifikasi, pelanggan bisa langsung memeriksa secara mandiri melalui www.nexaexperience.com. Kemudian isi nomor sasis kendaraan (MA3 atau MBH, diikuti oleh 14 digit nomor alfanumerik) untuk memeriksa apakah kendaraan mereka membutuhkan atau tidak.

Tak hanya Baleno, WagonR juga dilakukan kampanye perbaikan yang sama. Bahkan, jumlah kendaraan tidak kalah besar dibandingkan Suzuki Baleno. Sedikitnya ada 56,663 unit WagonR yang terlibat dalam kampanye perbaikan ini.

Nasib di Indonesia

Meski belum ada informasi resmi, bukan tidak mungkin Suzuki Baleno di Indonesia akan terpengaruh. Hal ini karena selama ini PT Suzuki Indomobil Sales selaku APM Suzuki di Indonesia mengimpor utuh Beleno dari India.

Suzuki sendiri baru meluncurkan Beleno facelift pada tahun 2019 lalu. Ketika itu, Suzuki Baleno mendapat beberapa ubahan seperti Lampu depan kini sudah menggunakan proyektor LED. Grille depan kini memiliki lekuk yang lebih mengalir dinamis dan berwarna hitam, bukan lagi perak seperti dahulu.

Bemper depan makin besar dan menonjol dengan kisi-kisi berwarna hitam yang maskulin. Desain lampu kabut (foglamp) pun berubah menjadi lebih minimalis. Ubahan terakhir di eksterior adalah desain pelek Sporty Black Polished Alloy Wheel. Adapun ukuran masih sama yaitu 195/55 dengan ring 16 inci.

Interior Baleno hatchback facelift dihiasi jok kursi dengan warna baru. Ada pula aksen abu-abu gelap (dark grey) pada kabin. Sisanya masih sama termasuk mesin yang masih menggunakan K14B 1.400 cc milik Ertiga lawas.

Soal kenyamanan, masih ada fitur-fitur seperti layar sentuh 6,8 inci, Start/Stop Button, Keyless Entry, Audio Steering Switch Control, Bluetooth Phone Connection, Head Lamp Leveling, serta Auto Climate AC, maupun Multi Information Display. Untuk keselamatan, tetap terdapat sistem pengereman ABS+EBD, Immobilizer, Dual SRS Airbag, platform Heartech, dan Tect Body.

Dan berikut adalah daftar harga Suzuki Baleno

  • Baleno M/T Rp 230.000.000
  • Baleno A/T Rp 242.500.000

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar