Kawasaki Ninja ZX-25R Rakitan Indonesia Lebih Bertenaga Dibanding Thailand

Panduan Pembeli

Kawasaki Ninja ZX-25R Rakitan Indonesia Lebih Bertenaga Dibanding Thailand

JAKARTA – Kawasaki Ninja ZX-25R rakitan Indonesia lebih bertenaga daripada versi global yang merupakan rakitan Thailand.

Seperti telah Mobil123.com beritakan sebelumnya, Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan motor sport fairing dengan performa luar biasa. Di kelas 250 cc, motor ini menjadi yang paling berperforma dan memiliki fitur paling terkini.

Menjejalkan mesin 4-silinder ke dalam sasis motor 250 cc bisa dibilang bukan perkara yang mudah. Terlebih harus mempertahankan dimensi agar tidak terlalu melar. Tidak hanya tenaga, dengan konfigurasi 4-silinder tentunya membuat suara yang dihasilkan lebih melengking. Untuk para speedgoers, hasrat untuk memelintir grip gas akan lebih tersalurkan.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memproduksi langsung Ninja ZX-25R di pabriknya yang terletak di kawasan Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. Motor hasil rakitan Cikarang tersebut, dikatakan khusus untuk pasar lokal.
beda kawasaki ninja ZX-25R Thailand dan Indonesia

“Untuk pasar Indonesia, Kami (KMI) yang memproduksi. Sementara untuk varian global itu produksinya di Thailand,” ucap Michael C Tanadhi, Head Sales and Promotions PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), pada saat sesi test ride Ninja ZX-25R di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (18/07/20).

Kawasaki Ninja ZX-25R racikan Indonesia semakin populer setelah adanya sesi test ride di Sentul pekan lalu. Hal ini dikarenakan klaim KMI mengenai top speed Ninja ZX-25R terbukti benar. Paling tidak ada rider yang bisa membuktikannya.

Kemampuan Ninja 250 cc 4-silinder ini melebihi para kompetitornya. Namun yang lebih menarik adalah performa Ninja ZX-25R buatan Tanah Air, lebih baik daripada versi global atau racikan Thailand. Penggunaan mesin dan teknologi bisa dikatakan sama saja, namun versi Indonesia bisa lebih jauh melejit.

Berselang 4 hari dari Indonesia, Kawasaki Thailand meluncurkan Ninja ZX-25R di Bangkok International Motor Show. Kuda besi fenomenal ini dipasarkan hanya dalam satu varian yakni SE dengan harga Rp 124 jutaan. Pilihan warnanya hanya Lime Green dengan livery KRT dan Metallic Spark Black.
Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R

Melihat spesifikasi di laman resminya, sepintas sama persis dengan rakitan Indonesia. Sebut saja ukuran piston (bore), langkah piston (stroke), kompresi, transmisi, dimensi, hingga kaki-kaki sama semua. Namun pada laman tersebut tidak dicantumkan besaran tenaga dan torsi yang dihasilkan.

Mobil123.com kemudian beralih ke laman resmi Kawasaki Jepang. Di sana dicantumkan besaran tenaga Ninja ZX-25R buatan Thailand. Tertulis besaran tenaga Ninja ZX-25R hanya 44 hp, lebih kecil dari rakitan Indonesia yang mencapai 50 hp.

Lalu apa yang membedakan dari kedua unit racikan Thailand maupun Indonesia? Setelah ditelusuri, Ninja ZX-25R buatan Thailand sudah mengusung standar emisi Euro 4. Sementara di Indonesia masih menggunakan Euro 3. Hal inilah yang membuat perbedaan dari kedua produk di atas.

“Ninja ZX-25R produksi Indonesia masih menggunakan standar emisi Euro 3, sedangkan buatan Thailand sudah Euro 4. Di sini konsumen disarankan untuk menggunakan bahan bakar RON 92 untuk pembakaran lebih baik,” jelas Michael kemudian.
Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R

Standar emisi gas buang Euro pada umumnya dibuat untuk memaksimalkan pembakaran. Ditambah dengan bahan bakar yang berkualitas baik, maka hasil gas buang bisa lebih bersahabat untuk alam dan sekitarnya. Namun guna memaksimalkan hasil gas buang, pihak manufaktur juga menyematkan katalitik konverter pada knalpot.

Semakin tinggi aturan mengenai gas buang yang harus dihasilkan kendaraan, bisa diakali dengan kian menebalkan filter atau saringan pada knalpot. Efek tidak menyenangkannya adalah tenaga yang dihasilkan akan tersendat sehingga tidak maksimal. Hal inilah yang sedikit banyak memberikan perbedaan pada Ninja ZX-25R buatan Indonesia dan Thailand. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar