Setahun Chery di Indonesia: Jual 3.418 Mobil, Ranking 9 Merek Mobil Penumpang Terlaris

Berita Otomotif

Setahun Chery di Indonesia: Jual 3.418 Mobil, Ranking 9 Merek Mobil Penumpang Terlaris

JAKARTA – Chery sudah setahun merambah pasar Indonesia. Bagaimana ‘rapor’ mereka di tahun perdana?

Pada November 2023, Chery genap satu tahun berjualan di pasar otomotif Tanah Air. Sudah tiga model yang mereka rilis sejauh ini yaitu Chery Tiggo 7 Pro, Chery Tiggo 8 Pro, serta Chery Omoda 5.

Menurut keterangan resmi pada Rabu (15/11/2023), Chery secara total sudah menjual 3.418 unit mobil sejak November tahun lalu sampai Oktober 2023. Omoda 5 menjadi kontributor penjualan terbanyak.

Chery Omoda 5 GT

Omoda 5 sangat mendominasi penjualan Chery selama 12 bulan terakhir, meskipun model ini diperkenalkan paling belakangan (sejak awal 2023). Komposisi penjualan Omoda 5 terhadap total penjualan Chery mencapai sekitar 75 persen.

Omoda 5 terdiri dari empat tipe. Ada Z dan RZ yang mengaspal pada kuartal pertama 2023, diikuti oleh GT AWD serta GT FWD yang dirilis pada akhir September 2023.

Omoda 5 merupakan compact sport utility vehicle (SUV) B-segment yang sekelas dengan model-model seperti Honda HR-V, Mitsubishi XForce, Toyota Yaris Cross, maupun Suzuki Grand Vitara.

Lebih lanjut, pencapaian lain Chery di usia yang baru setahun adalah menembus 10 besar merek mobil penumpang terlaris di Indonesia. Mereka mengklaim berada di ranking 9, di antara merek-merek mobil penumpang yang lain.

Omoda 5 GT

Hal ini terkonfirmasi jika melihat data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Oktober 2023. Daftar 10 besar merek mobil penumpang paling laku di Indonesia secara berturut-turut diisi oleh Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Hyundai, Wuling, Mazda, Chery, BMW.

Bicara pengembangan jaringan penjualan dan purnajual, Chery sampai sekarang sudah meresmikan 48 diler di seluruh Indonesia. Merek mobil asal China tersebut punya target untuk memiliki 60 diler sampai akhir 2023.

"Kami sangat bersyukur atas pencapaian Chery selama satu tahun di Indonesia. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama yang baik dari seluruh tim Chery, serta dukungan dari konsumen dan mitra kami,” kata Executive Vice President PT Chery Motor Indonesia Qu Jizong.

“Waktu satu tahun ini benar-benar kami gunakan untuk membangun pondasi yang kuat karena kami ingin memberikan kontribusi kepada perkembangan otomotif di Indonesia secara signifikan dan dalam jangka waktu yang panjang. Pondasi yang kuat ini juga merupakan landasan untuk terus bersama konsumen Indonesia untuk melangkah kepada visi mobilitas berkelanjutan," tutup dia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang