Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sekarang Ranking 11, Mazda Target Masuk 10 Besar Merek Mobil Terlaris Indonesia?

Berita Otomotif

Sekarang Ranking 11, Mazda Target Masuk 10 Besar Merek Mobil Terlaris Indonesia?

JAKARTA – Mazda saat ini berada di posisi 11 merek mobil terlaris di Indonesia. Lantas, apakah mereka punya misi masuk ke 10 besar?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) Mazda sepanjang Januari-Maret 2023 adalah 1.098 unit, meroket 191,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Mazda menempati ranking 11 merek mobil terlaris di Tanah Air. Persis di atas mereka, terdapat Wuling.

Namun, selisih penjualan Mazda dengan Wuling di peringkat ke-10 cukup jauh. Merek mobil asal China tersebut membukukan transaksi jual-beli 5.366 unit—turun 12,5 persen yoy.

Mazda CX-30

Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio mengaku bahwa pihaknya tidak punya target memasukkan Mazda ke daftar 10 besar merek mobil terlaris Indonesia.

Menurut dia, merek-merek di daftar itu ‘bermain’ di pasar mainstream (arus utama), dengan beragam pilihan model di segmen populer.

“Merek-merek di 10 besar ini adalah pemain-pemain di pasar mainstream, dengan mobil-mobil yang di kelasnya tidak populer. Kami tidak seperti itu,” tandas Ricky merespons pertanyaan Mobil123.com usai Media Gathering pada Rabu (3/5/2023) di Jakarta.

Mazda, lanjut dia, berada di pasar otomotif yang terbilang niche (tak besar—Red). Inilah yang menyebabkan perbedaan penjualan antara Mazda dengan Wuling besar, meskipun hanya berbeda satu peringkat.

“Soal kami ke-11 memang betul dan untuk ke peringkat ke-10 masih jauh karena memang kami bukan di pasar mainstream,” nilai Ricky.

Mazda CX-5

Meski tidak berkutat di pasar yang massal, bukan berarti Mazda ingin terus mengimpor utuh (Completely Built Up/CBU) seluruh mobil yang mereka jual di Indonesia.

Merek mobil yang bermarkas pusat di Hiroshima, Jepang ini sedang bersiap melakukan perakitan lokal. Mereka diketahui akan menggandeng pabrik milik pihak ketiga untuk melakukannya, tapi menggaransi kalau kualitas mobil-mobil keluaran sana kelak sama dengan unit-unit yang diimpor.

Sayang, Mazda belum mau mengungkap waktu dimulainya perakitan lokal maupun modelnya. Adapun model terpopuler mereka sekarang ialah Mazda CX-3. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang