Segera Hadir, All New Isuzu Mu-X Punya ‘Jurus’ Baru Saingi Fortuner-Pajero

Berita Otomotif

Segera Hadir, All New Isuzu Mu-X Punya ‘Jurus’ Baru Saingi Fortuner-Pajero

JAKARTA – Isuzu Indonesia menyiapkan strategi baru untuk All New Mu-X demi menyaingi para kompetitor seperti Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport.

Marketing Division Head PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril membeberkan bahwa, pihaknya sedang mempersiapkan peluncuran All New Mu-X. Rencananya, SUV yang hadir pertama kali di Thailand pada akhir 2020 tersebut akan masuk Indonesia pada semester dua 2021.

“Kami masih mau usaha (meluncurkan All New Mu-X) pada tahun ini,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam diskusi virtual dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) pada Selasa (24/8/2021).

All-New Isuzu Mu-X

Isuzu, lanjutnya, sedang menghitung ulang harga jual produk yang bakal diimpor utuh dari Thailand tersebut.

“Karena hari ini ‘saudara tua’ yang menjadi kompetitor sedang mendapatkan benefit PPnBM sehingga kami perlu menghitung ulang harga dan lain sebagainya,” sambung Aat, sapaan akrabnya, menyinggung insentif Pajak Penjualan Barang Mewah bagi mobil 1.501-2.500 cc rakitan lokal.

Di antara yang mendapatkan diskon PPnBM adalah Fortuner, yang sama-sama ditangani Grup Astra.

Sasar Market High-End

Berbicara terkait persaingan dengan para kompetitor seperti Fortuner dan Pajero Sport, Attias menerangkan kalau Mu-X terbaru kelak masuk ke segmen konsumen high-end. Ini berbeda dengan konsep serta strategi sebelumnya.

“Kalau yang lalu, kami banyak mainnya di standar. Sekarang akan masuk ke high-end secara produk dan itu pasarnya lebih besar. Produknya secara spesifikasi kira-kira juga akan lebih tinggi, lah,” tukasnya.

All-New Isuzu Mu-X

Secara garis besar, tambah Aat, produknya kurang-lebih sama dengan yang mengaspal di Thailand. Perbedaan antara lain adalah standar emisi gas buang.

“Masih dengan mesin (berstandar gas emisi) Euro 2,” tegasnya.

Sekadar mengingatkan, untuk mobil diesel, standar emisi gas buang Euro 4 yang lebih ramah lingkungan memang baru berlaku pada April 2022 di Indonesia. Ini berbeda dengan mobil bensin yang sudah menerapkannya sejak 2018.

Melihat strategi All New Isuzu Mu-X mengincar konsumen lebih kaya, patut diduga bahwa model itu akan dibekali fitur ADAS (Advanced Driving Assistance System) yang berisi beberapa fitur canggih.

Di ‘Negeri Gajah Putih’, fitur-fitur canggih yang disematkan pada Mu-X generasi kedua itu antara lain Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Multi Collision Brake System, dan Rear Cross Traffic Alert. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar