Samsung Kembangkan Baterai Lithium-Ion untuk Mobil

Berita Otomotif

Samsung Kembangkan Baterai Lithium-Ion untuk Mobil

SEOUL - Baterai untuk mobil listrik masih menjadi salah satu komponen yang terus dan banyak dikembangkan terutama dari sisi kapasitas tinggi namun mudah diisi dayanya.

Samsung pun kini ikut dalam pengembangan baterai mobil tersebut. Bekerjasama dengan Seoul National University, Samsung pun berhasil memukan cara agar baterai lithium-ion yang saat ini umum digunakan mampu memiliki daya besar namun mudah diisi dayanya yanitu dengan memanfaatkan graphene.

Dengan melapisi elektroda dengan lapisan graphene tipis berbentuk popcorn atau yang biasa disebut dengan “graphene ball” maka kapasitas baterai dapat diisi penuh hanya dalam 12 menit dan kapasitas meningkat hingga 45 persen. Berdasarkan penelitian mereka, mobil listrik berukuran kecil bisa diisi dayanya dengan lebih cepat.

Lithium-ion dikenal memiliki kelemahan kehilangan elektrodanya bila baterai diisi terlalu cepat, namun berdasarkan riset mereka selama dilapisi dengan graphene keausan pada baterai tersebut dapat dikurangi. Metode Samsung memanfaatkan “graphene ball” yang melapisi katoda diyakini mampu membuat baterai lebih efektif dan membuat anoda meningkat kapasitasnyanya.

Menariknya Samsung mengklaim bahwa ini bukanlah penelitian universitas semata, karena mereka tahu tentang produksi baterai mobil. Peneliti Samsung juga menemukan cara melapisi eletroda dengan menggunakan metode baru sehingga bisa mempercepat produksi dan tetap akurat. Mereka pun mengatakan bahwa proses pembuatan saat ini tidak akan berubah banyak. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang