Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sama-sama Rp300 Jutaan, Wuling Yakin Cloud EV dan Binguo EV Tak akan Saling ‘Makan’

Mobil Listrik

Sama-sama Rp300 Jutaan, Wuling Yakin Cloud EV dan Binguo EV Tak akan Saling ‘Makan’

JAKARTA – Wuling Cloud EV dan Wuling Binguo EV diyakini bakal saling menyokong penjualan mobil listrik Wuling alih-alih saling ‘memakan’, walaupun sama-sama berkapasitas lima penumpang dan memiliki harga Rp300 jutaan.

Cloud EV resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (15/5/20204). Harga kendaraan berjarak tempuh 460 km itu Rp398,8 juta on the road (OTR) Jakarta, lebih rendah dari estimasi sebelumnya yakni Rp410 juta.

Di samping Cloud EV, Wuling punya satu lagi model mobil listrik berharga Rp300 jutaan yaitu Binguo EV. Banderol OTR Jakarta Binguo EV per Mei 2024, menurut situs resmi, ialah Rp317 juta (tipe Long Range 333 Km AC), Rp326 juta (Long Range 333 Km AC/DC), Rp372 juta juta (tipe Premium Range 410 Km AC/DC).

Marketing Director PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani percaya kalau konsumen Binguo EV tidak akan berpindah ke Cloud EV. Desain, spesifikasi, fitur, dan kelebihan-kelebihan yang berbeda dari Cloud EV serta Binguo EV ia yakini akan ‘memisahkan’ para konsumen dari masing-masing model.

Wuling Binguo EV

“Memang kalau kita lihat industri otomotif, kan, begitu, ya. Ada mobil yang sebenarnya sama soal price range (rentang harga), tapi secara desain dan keunggulan produk berbeda. Orang yang beli pun preferensinya berbeda. Jadi, ya, itu tadi. Tergantung preferensi mereka,” nilai Dian usai seremoni peluncuran.

Wuling saat ini punya tiga model mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) di Indonesia. Satu model lagi, Wuling Air EV, adalah model termurah mereka dengan harga OTR Jakarta Rp190 juta sampai Rp275 juta untuk jarak tempuh 200-300 km.

Baik Air EV, Binguo EV, hingga Cloud EV sudah dirakit di pabrik Wuling Cikarang, Bekasi dan mendapatkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) karena memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 40 persen atau lebih.

Wuling Cloud EV

Ketiga mobil listrik Wuling diyakini punya segmen konsumennya masing-masing.

Air EV, menurut Dian, punya karakter sebagai mobil listrik kecil, praktis, lincah untuk mobilitas sehari-hari. Binguo EV ialah opsi yang lebih ikonik dan stylish (bergaya), sedangkan Cloud EV dihadirkan bagi konsumen yang ingin kenyamanan, fungsionalitas, ruang kabin, ruang bagasi, plus kemewahan lebih.

“Jadi, keberadaan Cloud EV tidak untuk menggantikan mobil listrik kami yang lain, tetapi sebenarnya untuk segmen yang lain yang mencari mobil dengan kenyamanan dan tingkat kemewahan lebih. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang