Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Rifat Sungkar dan Eks Juara Reli Paris-Dakar Masuk Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022

Berita Otomotif

Rifat Sungkar dan Eks Juara Reli Paris-Dakar Masuk Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022

JAKARTA – Anggota tim Mitsubishi Ralliart untuk Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 sudah diumumkan. Di dalamnya antara lain ada pebalap Indonesia Rifat Sungkar dan juara Reli Paris-Dakar dua kali Hiroshi Masuoka.

Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 yang berlangsung pada 21-26 November, menurut keterangan resmi, bakal mengandalkan dua pebalap. Rifat Sungkar asal Indonesia serta Chayapon Yotha dari Thailand bakal mengemudikan dua unit Mitsubishi Triton di Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Rifat merupakan jawara Indonesian Sprint Rally Champhionship serta pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI). Adapun Chayapon adalah pemenang Thailand Autocross Championship.

Mereka disokong oleh Sakchai Hantrakul (Thailand), lagi-lagi dengan sebuah Triton sebagai mobil pendukung. Juara Reli Paris-Dakar 2002 dan 2003 Hiroshi Masuoka bertindak sebagai Direktur Tim.

Triton yang dipakai tim Mitsubishi Ralliart selama AXCR 2022 sendiri sudah melewati tes ketahanan sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park, Kanchanaburi, Thailand pada 29-31 Agustus.

Triton tersebut sudah direduksi bobotnya, ditingkatkan karakteristik output mesinnya, plus diberikan dual damper baru. Alhasil, performa serta kemampuannya di jalan kasar meningkat.

Mobil reli, menurut Rifat, perlu mempunyai kemampuan manuver maupun pengendaraan sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi. Pasalnya, banyak tikungan berbeda yang nantinya dilalui.

Daya tahan serta keandalan tinggi di jalan kasar pun tak kalah vital.

“Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan,” jelas Rifat.

Masuoka merasa terhormat dapat memimpin pebalap-pebalap berbakat di tim Mitsubishi Ralliart untuk AXCR 2022. Tim ini sendiri dimiliki oleh TANT Sport tapi mendapat dukungan langsung dari Mitsubishi Motors.

Menurutnya, Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan kemampuannya meningkat setiap kali masuk mobil. Sementara, Rifat sudah makan asam garam di reli sprint.

“Jadi, jika kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat,” nilainya.

“Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus,” tutup Masuoka. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang