Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

AXCR 2022, Rifat Sungkar Berguru ke Juara Reli Paris-Dakar Dua Kali

Berita Otomotif

AXCR 2022, Rifat Sungkar Berguru ke Juara Reli Paris-Dakar Dua Kali

JAKARTA – Pebalap tim Mitsubishi Ralliart Rifat Sungkar bersiap mengikuti Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Ia mengaku belajar banyak dari seorang juara Reli Paris-Dakar dua kali.

Rifat menjadi pebalap utama tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 pada 21-26 November mendatang. Ia didampingi Chayapon Yotha dari Thailand sebagai navigator.

Juara Reli Paris-Dakar 2002 dan 2003 Hiroshi Masuoka menjadi Team Director.

Dalam sesi konferensi pers pada Selasa (1/11/2022) di Jakarta, Rifat mengatakan sudah mengikuti endurance test (tes ketahanan) terhadap Mitsubishi Triton Ralliart pada Agustus kemarin. Jarak sejauh 1.100 km ia lahap habis.

Mitsubishi Triton ikut AXCR 2022

Rute AXCR 2022 sendiri terbentang sepanjang 1.700 km, dari Thailand-Kamboja-Thailand. Rifat mengakuinya sebagai tantangan baru dan besar.

“Biasanya saya hanya 200 km setiap reli. Kalau ini (AXCR 2022), menyetir 1.700 km. Artinya, dalam satu minggu saya akan menyetir lebih banyak daripada saya biasanya satu tahun. Benar-benar baru,” pungkas dia.

Beruntungnya, ia dibimbing oleh Masuoka yang sudah makan asam garam di Reli Paris-Dakar, bahkan menjuarainya beberapa kali pada awal 2000-an. Rifat belajar berbagai hal darinya.

“Saya beruntung ada Masuoka di sini karena saya biasa membawa Xpander AP4 (di reli-reli nasional—Red) itu ‘menyerang’ setiap waktu. Di sana (AXCR 2022) berbeda. Jaraknya delapan kali (dari kebiasaan saya), jadi tidak bisa ‘menyerang’ terus. Perlu strategi. Bukan mengemudi kencang, tapi sensible. Perlu cara berkendara yang konsisten,” papar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab.

Ia juga bersyukur punya Chayapon sebagai navigator. Pengalamannya selama 15 tahun di reli dirasa bakal sangat membantu dalam pemilihan rute AXCR 2022 yang bisa berbeda-beda untuk setiap tim.

“Saya percaya ini bisa membuat saya menjadi percaya diri, terutama dalam satu event yang kompetitif,” pungkasnya.

Mitsubishi Triton ikut AXCR 2022

Rifat juga mengaku takjub dengan Triton Ralliart yang nantinya ia kendarai. Selama endurance test, pikap kabin ganda yang Cuma diganti shockbreaker-nya tersebut membuktikan bisa diandalkan.

Sampai ribuan kilometer, tidak ada retak pada sasis standarnya meski ‘disiksa’. Ini terlihat dari 16 telemetri yang dipasang.

“Satu lagi alat yang dipasang adalah live data recorder. Jadi, yang saya lakukan pada mobil langsung dilaporkan ke Jepang, perlu ada perbaikan atau tidak. Itu tidak ada masalah juga,” klaimnya.

Semoga sukses, Rifat dan tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022! [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang