Review Pengguna Daihatsu Xenia 2014: Mesin Bandel, Gampang Dimodifikasi

Berita Otomotif

Review Pengguna Daihatsu Xenia 2014: Mesin Bandel, Gampang Dimodifikasi

JAKARTA – Daihatsu Xenia merupakan salah satu model jenis multi purpose vehicle (MPV) yang sangat populer dan banyak dipakai masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Salah satu alasan Daihatsu Xenia banyak diminati orang Indonesia karena harganya yang tergolong murah. Selain itu, mesin yang disematkan dikatakan awet.

Di luar dari harga yang murah dan mesinnya yang bandel, Xenia juga memiliki tampilan yang bisa dibilang sederhana, sehingga pemilik bisa berekspresi dengan melakukan modifikasi terhadap mobil tersebut.

Demikian yang dikatakan Indra, anggota dari Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC), kepada Mobil123.com saat acara HUT 19 AXIC beberapa waktu lalu.

Indra merupakan pemilik dari Daihatsu Xenia tahun produksi 2014. Pada waktu itu, ia membelinya dalam kondisi baru.

Saat itu, Ia tidak mempermasalahkan antara Avanza atau Xenia, selama mobilnya berwarna abu-abu. Kebetulan saat Indra sedang mencari mobil baru, yang tersedia terlebih dulu adalah Xenia

“Kalau model ya sama saja sih sebenarnya, cuman karena lebih ingin warna grey, dan saat itu yang ready Xenia, ya sudah kita ambil,” ungkap Indra.

Indra mengatakan senang dengan mobil yang ia miliki saat ini karena onderdil dan mesinnya yang tidak mudah rusak, meskipun mobilnya sudah berumur sembilan tahun.

“Dari pertama saya pakai alhamdulillah belum ada kerusakan yang berarti. Kemudian dari konsumsi BBM juga terbilang irit melihat kondisi lalu lintas di Jakarta saat ini,” terangnya

Untuk eksteriornya, Indra berpendapat tampilan Xenia 2014 sederhana dan “tidak terlalu neko-neko”.

Indra juga merupakan penghobi modifikasi mobil, sehingga tampilan sederhana Xenia dikatakan sebagai poin plus. Bahkan saat ini ia menyematkan roof box pada mobilnya untuk berkegiatan mudik lebaran tahun ini.

“Kalau mau dimodifikasi racing atau lainnya, dia masuk. Artinya model itu gampang diacak-acak dan dipoles. dengan sedikit polesan, dia sudah cocok,” ucap Indra.

Sementara pada segi interiornya ia mengatakan tidak begitu istimewa, tapi cukup untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhannya.

“Fitur-fiturnya pun juga cukup sih,” tambahnya.

Indra berpendapat mesin dan onderdil Xenia 2014 bandel dan irit, serta desainnya yang sederhana merupakan keunggulan dari mobilnya.

Meski begitu, mobil bekas ini tetap memiliki kekurangan, terutama di kaki-kakinya yang Indra nilai tidak terlalu nyaman.

“Kaki-kaki bawaannya sebenarnya terbilang tidak terlalu nyaman, tapi tidak terlalu parah juga. Itu sebenarnya bisa diperbaiki. Contohnya, per standar dan shock standar, terus kita kasih (produk) aftermarket, dia bisa lebih empuk lagi,” terang Indra.

Di luar itu, Xenia 2014 dianggapnya ideal sebagai mobil keluarga. Selain mesin yang awet, kapasitas penumpang Xenia disebutnya sangat cocok untuk kalangan keluarga.

“Kalau misalnya keluarga suami istri dengan dua anak, berarti baris belakang bisa buat bagasi. Kemudian kalau kita ajak orang lebih juga masih muat,” sebut Indra.

Ia pun berbagi beberapa tips untuk orang-orang yang sedang mencari Xenia bekas. Hal pertama yang perlu dipastikan adalah kondisi mobil sehat, terutama di bagian mesinnya.

“Kemudian cek servis berkala dari pengguna sebelumnya sesuai atau tidak. Lalu kaki-kaki juga dicek. Intinya cek fisik dan mesinnya. Fisik kalau misalnya ada lecet-lecet sedikit ya wajarlah, yang penting tidak bekas banjir atau kecelakaan,” tutup Indra.

Xenia bekas dengan harga yang terjangkau bisa Anda cek di Mobil123.com. Anda dapat menemukan ratusan unit Xenia bekas yang siap untuk dibeli. Kisaran harga untuk Xenia tahun produksi 2014 yaitu Rp112 juta – Rp125 juta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang