Rekomendasi Mobil “Mini” Murah, Bisa Dibawa Selap-selip

Panduan Pembeli

Rekomendasi Mobil “Mini” Murah, Bisa Dibawa Selap-selip

Mobil berukuran kecil atau kerap juga disebut sebagai mobil mini ada banyak pilihannya, harganya pun murah-murah.

Mobil-mobil berbodi kecil sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan. Sebab, ukurannya yang kompak serta lebih mudah untuk dikendarai.

Terlebih, mobil mini bisa diandalkan saat melintasi jalan sempit, selap-selip di tengah kemacetan, serta parkir pun jadi lebih gampang karena tidak membutuhkan terlalu banyak ruang.

Suzuki Karimun Wagon R (Foto: Suzuki)

Ditambah lagi bobot mobil terhitung ringan, sehingga pemakaian bahan bakar pun bisa jadi lebih irit.

Di pasar mobil Tanah Air, banyak pabrikan yang mengeluarkan model mobil ukuran mini, sehingga pilihannya bermacam-macam dan kadang membuat bingung calon pembeli ingin memilih yang mana.

Maka dari itu kali ini Mobil123.com coba memberikan beberapa rekomendasi mobil mini dengan harga yang tentunya terjangkau. Berikut pilihannya.

Daihatsu Ayla

Mobil mini pertama yang menjadi rekomendasi adalah Daihatsu Ayla. Mobil satu ini mampu memuat hingga 5 penumpang.

Fitur-fitur yang ada di interior Ayla bermacam-macam dan sangat pas untuk menunjang kenyamanan berkendara. Ada Alarm Integrated Key, Parking Camera, Digital AC, Meter Graphic Design, Center Cluster Design, Electric Outer Mirror, dan sebagainya.

Bicara soal dapur pacu, Daihatsu membekali Ayla dalam dua varian mesin. Pertama adalah mesin tipe 1KR-DE berkapasitas 998 cc, 3 silinder segaris, 12 katup. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga tertinggi 64 hp pada 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm.

Pilihan kedua yaitu mesin tipe 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-I berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder segaris, 16 katup. Performa yang dihasilkan mesin ini 86 hp pada 6.000 rpm serta torsi mencapai 108 Nm pada 4.200 rpm.

Harga Daihatsu Ayla bervariasi di setiap variannya. Varian paling rendah yaitu Ayla 1.0 D MT dibanderol Rp108,2 juta, sedangkan yang tertingginya 1.2 R Deluxe AT dibanderol Rp166,95 juta on the road (OTR) Jakarta .

Kalau misalkan harga Ayla versi baru terlalu mahal dan melebihi dari bujet yang Anda miliki, jangan khawatir karena masih ada versi bekasnya yang dibanderol cukup terjangkau. 

Di daftar mobil bekas yang ada di Mobil123.com terdapat ratusan unit Ayla seken yang bisa dibeli. Ayla bekas termurah dibanderol Rp72 juta, tipenya 1.0 X dengan tahun produksi 2015. Sedangkan yang termahal tipe 1.2 R keluaran 2020 yang dibanderol Rp142 juta.

Toyota Agya

Rekomendasi mobil mini berikutnya masih saudara dekat Daihatsu Ayla yaitu Toyota Agya

Sama halnya dengan Ayla, Agya merupakan city car yang bermain di segmen LCGC 5 penumpang. Mobil ini sangat populer di masyarakat perkotaan, karena selain tampangnya yang keren, kabinnya terasa cukup lega dan nyaman meski ukurannya kecil.

Toyota Agya hadir dalam dua pilihan tipe dengan empat varian. Masing-masing varian tersedia dalam sistem transmisi manual-5 percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Fitur-fitur yang terdapat di Agya khusunya tipe GR Sport cukup menarik. Mulai dari tombol Engine Start/Stop, hingga Center Cluster dengan Digital AC.

Berbeda dari saudaranya, Agya hanya memiliki satu pilihan mesin saja yakni 1.2L.

Bicara soal harga, Agya keluaran terbaru berdasarkan website resmi Toyota Indonesia dibanderol Rp155,5 juta untuk varian terbawah, 1.2 G M/T STD, sedangkan varian teratas 1.2 GR Sport A/T berbanderol Rp176,6 juta OTR Jakarta.

Sementara itu jika menilik harga Agya bekas di listing Mobil123.com, banderolnya mulai dari Rp80 juta untuk varian 1.0 TRD Sportivo lansiran 2014 hingga Rp158 juta untuk varian 1.2 TRD matik keluaran 2021.

Daihatsu Sirion

Mobil mini berikutnya, Daihatsu Sirion. Produk andalan Daihatsu di segmen city car ini baru saja mengalami penyegaran di bagian eksterior, interior dan transmisi.

Dari sektor eksterior, Sirion terbaru telah dibekali aero kit, sedangkan interiornya mendapat Meter Cluster Optitron dengan Multi Information Display (MID) ukuran 4,2 inci. Ditambah lagi dengan Head Unit yang dilengkapi Android Auto dan Apple CarPlay, Air Purifier, Speed Sensing Doorlock, Hill Start Assist, dan Idle Stop System.

Sirion terbaru menggendong mesin tipe 1 NR-VE, DOHC Dual VVT-i, kapasitas 1.329 cc, 4 silinder, 16 katup, bertenaga 93 hp pada 6.000 rpm serta torsi 12,2 kgm per 4.200 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis terbaru jenis CVT. Sirion model terdahulu masih ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis konvensional (AT).

Berkat penyegaran yang dilakukan Daihatsu, kini harga Sirion terbaru mengalami penyesuaian. Sirion diniagakan dalam dua varian, 1.3 X CVT dan 1.3 R CVT. Masing-masing dibanderol RP227,6 juta dan Rp236,8 juta OTR Jakarta.

Sedangkan versi bekas dari Sirion, paling murah seharga Rp80 juta untuk varian 1.3 D keluaran 2014, dan termahal varian 1.3 bertransmisi matik tahun produksi 2021 Rp196,43 juta.

Honda Brio

Honda Brio juga bisa menjadi pilihan bagi yang sedang mencari mobil berukuran mini. 

Masuk ke Indonesia pada 2012, hingga kini Brio masih populer, terutama dikalangan anak muda.

Kepopulerannya disebabkan oleh beberapa hal. Selain karena desainnya yang sporty dan kekinian, harganya cukup terjangkau serta konsumsi BBM-nya terbilang irit.

Fitur-fitur yang disematkan lumayan keren berupa head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci, Tweeter Speaker, Hands Free Telephone, dan Audio Steering Switch.

Sementara untuk fitur keamanannya ada ABS/EBD, Seatbelt, dan Dual Front SRS Airbag.

Brio mengunakan mesin tipe 1.2L SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 88 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm per 4.800 rpm.

Harga Honda Brio beragam tergantung variannya. Termurah ada Brio Satya S M/T dijual dengan harga Rp155,7 juta, sedangkan varian tertinggi yaitu Brio RS CVT Urbanite Edition dibanderol Rp235,9 juta OTR Jakarta.

Jika harga Brio keluaran baru dirasa terlalu mahal, masih ada versi bekasnya dengan harga lebih terjangkau. Di Mobil123.com, ada ribuan iklan Honda Brio bekas siap dibeli. Kisaran harganya antara Rp90 juta untuk Brio keluaran 2013 hingga Rp211 juta pada Brio lansiran 2021.

Suzuki Karimun

Rekomendasi mobil ukuran mini yang terakhir adalah Suzuki Karimun.

Karimun bisa dibilang sebagai mobil kecil dengan sejarah yang paling panjang di antara mobil-mobil dalam list rekomendasi ini, tepatnya 22 tahun sebelum akhirnya distop produksinya pada 2021.

Karimun generasi pertama muncul di Indonesia pada 1999. Desainya terbilang unik karena bentuknya sangat kotak. Lalu di akhir 2007, Karimun mendapatkan perubahan tampilan total menjadi lebih imut dan menjadi “kurang kotak”. Namanya juga berubah menjadi Karimun Estilo.

Pada 2012, Karimun Estilo diberhentikan penjualannya. Namun, tak lama setelah itu, diluncurkan kembali Karimun model lawas. Kali ini dihadirkan untuk bermain di segmen LCGC dengan nama Karimun Wagon R. kemudian mobil ini eksis di Indonesia hingga akhirnya distop penjualannya pada 2021.

Banyak yang menganggap karena Suzuki Karimun sudah berhenti produksi, suku cadangnya menjadi langka dan harganya mahal, yang mana membuat orang ragu untuk membeli bekasnya. Namun, Suzuki Indonesia memastikan ketersediaan suku cadang Karimun hingga 10 tahun ke depan.

Karimun tersedia versi bekasnya di Mobil123.com dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan di bawah Rp100 juta.

Contohnya untuk Karimun generasi pertama, harga bekas yang termurah adalah Rp49 juta, sedangkan yang tertinggi Rp76 juta.

Sementara Karimun Wagon R Bekas, harga yang paling rendahnya Rp75 juta untuk Wagon R 2014, sedangkan yang tertinggi Karimun Wagon R keluaran 2019 dibanderol Rp105 juta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar