Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Recall Toyota Avanza dan Veloz Disusul Daihatsu Xenia, Penyebabnya Sama

Berita Otomotif

Recall Toyota Avanza dan Veloz Disusul Daihatsu Xenia, Penyebabnya Sama

JAKARTA – Recall (kampanye penarikan dan perbaikan gratis) Toyota Avanza dan Toyota Veloz diikuti pula oleh ‘saudara kandung’ keduanya yakni Daihatsu Xenia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota mengumumkan recall lima model pada Selasa (13/2/2024). Dua di antaranya ialah Avanza dan Veloz karena temuan potensi masalah pada front door side impact beam atau front shock absorber nut—tergantung tahun produksinya.

Pada hari yang sama, Daihatsu mengumumkan recall untuk Xenia.

Menurut Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, recall tersebut ialah wujud komitmen mereka untuk selalu mengedepankan keselamatan dan kenyamanan para konsumen dalam berkendara.

recall Daihatsu Xenia 2024

“Kami mengajak pelanggan yang kendaraannya masuk dalam daftar program ini untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat guna melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa dipungut biaya apa pun. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Agung.

Penyebab recall Xenia sendiri persis sama dengan Avanza dan Veloz. Ada yang karena nut (mur) shock absorber yang perlu dikencangkan, dengan waktu pengerjaan singkat yaitu hanya kisaran 30 menit.

Xenia yang terdampak oleh masalah ini adalah yang diproduksi dari November 2021 sampai dengan September 2023. Tidak dijelaskan, berapa volume unit yang sudah beredar di jalan.

Sebagian kecil Xenia juga terkena recall akibat kemungkinan isu pada potensi ketidaksempurnaan pengelasan pada sektor front door beam depan. Waktu pengerjaannya di bengkel resmi Daihatsu diestimasikan sekitar 3-4 jam.

recall Daihatsu Xenia 2024

Daihatsu akan secara aktif menghubungi para pemilik Xenia yang terdampak oleh recall tersebut. Para pelanggan jua bisa mengecek sendiri apakah kendaraan miliknya termasuk ke dalam kampanye recall, dengan mengakses laman resmi ssc.daihatsu.co.id dan memasukkan nomor rangka kendaraan milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898.

Avanza, Veloz, Xenia adalah low multi purpose vehicle (LMPV) yang sama-sama berbasiskan DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Generasi terbaru dari ketiganya mengaspal pada kuartal keempat 2021.

Avanza dan Xenia sama-sama diproduksi di pabrik milik ADM. Adapun Veloz sudah dipisahkan produksinya di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang