Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Recall Nissan X-Trail, Serena, Leaf di Luar Negeri Tak Merembet ke Indonesia

Berita Otomotif

Recall Nissan X-Trail, Serena, Leaf di Luar Negeri Tak Merembet ke Indonesia

JAKARTA – Nissan X-Trail, Nissan Serena, dan Nissan Leaf untuk pasar Indonesia dipastikan aman dari recall (penarikan dan perbaikan gratis).

Nissan Motor Corporation (NMC), menurut keterangan resmi pada awal pekan ini, diakui memang mengumumkan recall terhadap lebih dari 500 ribu X-Trail dan Serena dari tahun produksi 2010-2017 di Jepang.

Recall juga dikenakan pada lebih dari 60 ribu mobil listrik Leaf rakitan 2017-2023.

Namun, PT. Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menegaskan bahwa X-Trail, Serena, maupun Leaf yang beredar di Tanah Air aman dari recall.

“NMDI menginformasikan bahwa berita tentang penarikan kembali (recall) terkait Nissan Serena, X-Trail, dan Leaf tidak berlaku dan tidak berdampak terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia,” tegas mereka melalui pernyataan pers.

Nissan Serena bekas 2016

Adapun sebabnya, lanjut agen pemegang merek Nissan tersebut, adalah karena ketiadaan fitur Idling Stop pada X-Trail plus Serena dari tahun produksi tersebut untuk pasar Indonesia.

Mobil listrik Leaf yang dijual di sini pun tidak memiliki fitur Defroster.

Fitur-fitur yang disebutkan di atas memang menjadi ‘biang keladi’ recall terbaru Nissan.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini menemukan indikasi kerusakaan pada sistem Idling Stop X-Trail serta Serena 2010-2017.

Lalu, terdapat kesalahan pada manual pengemudi Leaf 2017-2023 yang mengakibatkannya memberikan instruksi palsu terkait cara mengoperasikan Defroster.

Nissan Leaf

“Kami terus menjaga komitmen dan kepercayaan yang diberikan konsumen dengan senantiasa memberikan layanan dan produk terbaik, sehingga jika terdapat permasalahan dari produk Nissan yang dibutuhkan untuk dilakukan penarikan kembali (recall) tentunya kami akan membuat pengumuman secara resmi.” tegas Chief Executive Officer (CEO) Tan Kim Piauw.

Jenama yang beraliansi dengan Renault maupun Mitsubishi tersebut saat ini menjual enam model di pasar Indonesia.

Di samping tiga model yang telah disebutkan di atas, terdapat pula Nissan Magnite, Nissan Kicks e-Power, dan Nissan Livina.

Livina menjadi satu-satunya model yang dirakit lokal. Multi purpose vehicle (MPV) tersebut diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi dan mengambil basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang