Ragam Modifikasi Honda Vario 125 dan Sejarahnya

Panduan Pembeli

Ragam Modifikasi Honda Vario 125 dan Sejarahnya

Modifikasi Honda Vario 125 adalah hal yang lumrah dilakukan oleh para pemiliknya. Selain memiliki tampilan yang sporti, motor ini juga banyak komponen modifikasinya di pasaran bebas alias aftermarket.

Banyaknya penawaran komponen aftermarket di luar sana, salah satunya dikarenakan populasi Honda Vario 125 di Indonesia sendiri menggurita. Membuat cukup banyak referensi modifikasi skuter matik berlambang Sayap Mengepak ini.

Pilihan untuk mengutak-atik tampilan hingga jeroan mesin cukup banyak diaplikasikan para pemiliknya. Bengkel, rumah modifikasi sampai toko aksesoris kenamaan menyediakan ragam pilihan modifikasi Honda Vario 125.

Sejarah Honda Vario di Indonesia

Sebelum masuk lebih jauh, mari kita mengenal sejarah masuknya Honda Vario ke Tanah Air melalui PT Astra Honda Motor (AHM). Skutik ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2006, guna meruntuhkan dominasi Yamaha yang kuat akan skutik unggulannya yakni Mio.

Honda Vario yang pertama kali dipasarkan di Indonesia memiliki kapasitas mesin 110 cc. Motor ini hadir dengan keunggulan pendingin mesin model cairan atau radiator.

Selain itu, Honda juga membekali kendaraan ini dengan teknologi parking brake lock dan side stand switch. Hal tersebut cukup untuk membuat konsumen beralih, karena sejumlah teknologi yang ditawarkan memanjakan dan memudahkan perjalanan.

Pada 2009 Honda memperbaharui tampilan Vario dengan tambahan nama Techno. Masih memiliki pilihan mesin yang sama, namun wujudnya terlihat lebih futuristik dengan desain model multi layer.

Tidak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya juga ditambahkan seperti sistem pengereman. Konsumen bisa memilih sistem pengereman konvensional atau Combi Brake System (CBS).

Seperti disebutkan di awal, Honda menyediakan dua pilihan Vario yakni versi mesin 110 cc dan 125 cc. Sistem pengabut bahan bakar yang digunakan telah mengadopsi injeksi langsung, sehingga lebih efisien dan mudah perawatannya.

Motor varian ini juga telah dilengkapi dengan ACG Starter dan menjadi pelopor di kelasnya. Sistem ini membuat proses menyalakan mesin motor, tidak lagi berisik dan menjadi jawaban atas keluhan masyrakat selama ini.

Honda terus melakukan pengembangan terhadap skutik satu ini seiring dengan perkembangan zaman. Pada 2015, Honda memperkenalkan Vario 150 untuk mencoba mengimbangi Yamaha Nmax yang juga baru diluncurkan pada tahun itu.

Melihat respon masyarakat terhadap Vario 150 biasa saja, Honda kini mempercayakan tugas melawan skutik gambot buatan Yamaha tersebut kepada PCX rakitan lokal. Sementara Vario tetap memiliki penggemarnya sendiri di kelas 125 cc.

Ragam Modifikasi Honda Vario 125

Setelah mengenal sejarah Honda Vario di Indonesia, mari kita lihat ragam modifikasi motor jenis skutik ini. Pilihan modifikasi sendiri terbagi dari berbagai gaya yang dianut seperti Thai Look, Elegan, Racing Look, Touring, Airbrush, hingga Drag Look.

Modifikasi Honda Vario 125 Airbrush

Sebenarnya pilihan modifikasi kendaraan model ini, pada umumnya merupakan salah satu kategori dalam sebuah kontes modifikasi. Airbrush sendiri menjadi salah satu cara untuk mentukan arah konsep modifikasi.

Dalam sebuah kontes, kategori Airbrush sendiri dipisahkan menjadi beberapa kelas seperti realis yang mengutamakan detail, futuristik hingga replika. Modifikasi jenis ini pada umumnya membuat tampilan motor berubah total, namun perawatannya menjadi lebih ribet, karena untuk mempertahankan warnanya tetap berkilau.
modifikasi Honda Vario 125

Bengkel atau rumah modifkasi yang piawai melakukan teknik pengecatan airbrush ini sudah banyak tersebar di Tanah Air. Konsumen tinggal memilih sesuai dengan lokasi terdekat atau faktor kedekatan dengan sang pemilik maupun mekanik.

Yang perlu diingat dari pemilihan bengkel airbrush adalah, semakin besar namanya maka akan membuat harganya kian tinggi. Namun urusan kualitas, bisa dilihat berdasarkan pengalaman yang telah dimiliki oleh bengkel tersebut.

Untuk harga, semakin rumit konsep yang diinginkan dan jumlah warna tentunya akan sangat berpengaruh. Semakin rumit konsep, maka akan selaras dengan waktu pengerjaan yang semakin lama.

Pada dasarnya melakukan modifikasi membuat tampilan kendaraan berbeda dengan pemilik lainnya. Jika konsumen menerapkan konsep hasil imajinasi atau ide murni, maka akan sulit untuk disamakan dengan pemilik lainnya.

Akan lain ceritanya jika konsumen menerapkan konsep replika atau mengikuti tema modifikasi yang tengah hits. Jangan heran ketika Anda akan menemukan konsep modifikasi yang sama di perjalanan.

Modifikasi Honda Vario 125 Thailook

Modifikasi jenis ini sesuai namanya adalah berkiblat pada tren di negara Gajah Putih tersebut. Ubahannya cukup simpel namun ada beberapa teknik yang bisa menimbulkan bahwa jika diterapkan.

Tren modifikasi Thailook sebenarnya sudah ada sejak zaman skutik belum populer. Salah satu identitasnya adalah jarak sumbu roda yang berubah lebih pendek dari versi pabrikan.

Para modifikator biasanya memajukan roda belakang guna mendapatkan wheelbase yang lebih pendek. Namun dalam kasus skutik, perlakuannya sedikit lebih rumit karena biasanya akan bersinggungan dengan tangki, maupun rangka dari kendaraan itu sendiri.

Modifikasi Thailook menggunakan pelat nomor dan nama motor yang digunakan di sana. Sebutan nama kendaraan di tiap-tiap negara berbeda-beda, Thailand sendiri menyebut Vario dengan Click.
modifikasi Honda Vario 125

Konsumen biasanya mengganti striping dan emblem Vario dengan Click untuk mendapatkan konsep Thailook. Guna lebih mendukung konsepnya, ditambahkan pelat nomor Thailand.

Hal tersebut akan mengundang pihak kepolisian untuk menindak Anda. Karena jelas pelat nomor yang resmi adalah milik Polda Metro Jaya.

Satu lagi komponen modifikasi yang merupakan bagian dari konsep Thailook adalah penggunaan ban cacing. Ban cacing adalah penyebutan ukuran yang sangat kecil sehingga bisa mengundang bahaya para penggunanya.

Ban jenis ini pada umumnya digunakan untuk kebutuhan drag bike karena untuk mendapatkan akselerasi lebih cepat. Namun ban jenis ini tidak bisa memberikan traksi sebaik ban normal sehingga akan berbahaya jika digunakan dijalanan umum.

Modifikasi gaya Thailook yang juga kerap diterapkan adalah penggunaan baut-baut berwarna cerah dan kontras dengan bodi motor. Langkah ini tidak mengundang bahaya asalkan menyematkan produk berkualitas, karena jika tidak dikhawatirkan rusak sehingga membahayakan penggunanya.

Modifikasi Honda Vario 125 Racing Look

Ubahan pada modifikasi konsep ini sesuai dengan namanya yakni menggunakan komponen berbau balap. Komponennya sendiri cukup beragam seperti kabel gas, handle rem, grip gas, bodi, knalpot, blok mesin, radiator, velg dan ban.

Ubahan yang paling ekstrem pada konsep modifikasi ini adalah melubangi bodi hingga rangka. Hal ini cukup berbahaya karena setiap pabrikan sudah mengukur kemampuan rangka dalam menahan beban motor ditambah pengendara.

Teknik melubangi rangka motor sebaiknya dilakukan pada motor yang memang kebutuhannya hanya untuk kontes saja. Motor dengan ubahan tersebut di atas sebaiknya tidak digunakan di jalan umum karena bisa mengundang bahaya.

Konsep modifikasi jenis ini tentunya fokus pada ubahan mesin. Konsumen bisa melakukan riset di bengkel terpercaya maupun membeli komponen aftermarket yang telah tersedia.

Ubahan pada bagian kaki-kaki biasanya menggunakan velg berbobot lebih ringan, seperti jari-jari atau karbon. Ubahan untuk ban biasanya mengandalkan kompon yang lebih lembut untuk mendapatkan grip maksimal.

Ubahan yang terlarang pada bagian ini adalah menggunakan ban slick untuk penggunaan di jalan umum. Ban tanpa ulir atau pattern ini akan berbahaya ketika menemui jalanan basah karena kondisi hujan maupun lainnya.
vario 125 modifikasi

Lalu urusan gas buang kendaraan, jika konsumen masih menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari, ada baiknya tidak memilih model freeflow. Karena knalpot jenis ini sangat mengganggu pengguna jalan lain suaranya.

Dalam memilih knalpot, usahakan yang tersedia model DB killer. Perangkat tersebut dibutuhkan saat kendaraan kerap digunakan di jalanan perumahan agar tidak mengganggu dengan bisingnya.

Modifikasi Honda Vario 125 Touring Look

Konsep modifikasi ini fokus pada kenyamanan untuk melakukan perjalanan jauh. Komponen yang digunakan pada umumnya merupakan tambahan guna memudahkan pengemudi dalam perjalanannya.

Sebut saja boks samping kiri maupun kanan, boks belakang, bodi guard, windshield, dudukan smartphone, USB Slot charger, lampu tambahan, jok hingga setang menjadi beberapa syaratnya. Semua komponen tambahan tersebut banyak tersedia di pasaran dengan model dan harga yang sesuai kemampuan.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengadopsi konsep modifikasi touring ada beberapa hal. Paling pertama adalah penggunaan boks yang tidak terlalu besar dari kendaraan maupun pengendara.

Ini guna mencegah pengemudi kehilangan keseimbangan karena bobot yang bertambah. Selain itu, penambahan boks juga dapat membuat pengendara tidak leluasa dalam bermanuver, terutama di jalan padat kendaraan.

Penggunaan bodi guard juga harus tetap memperhatikan keselamatan. Artinya setiap mounting yang digunakan haruslah tersambung dengan rangka kendaraan, agar tidak menimbulkan bahaya saat terjadinya insiden.

Ubahan lainnya yang memungkinkan timbulnya bahaya adalah penggunaan lampu tambahan. Lampu tambahan berguna saat pengendara memasuki daerah pedalaman yang minim pencahayaan.

Namun saat memasuki daerah perkotaan yang pencahayaannya sudah bagus dan terang, sebaiknya lampu ini tidak dipergunakan. Hal ini karena bisa menyilaukan pengguna jalan lain dan mengakibatkan bahaya.

Tambahan lain yang umum digunakan gaya touring adalah penggunaan jok dengan busa lebih tebal. Hal ini berfungsi untuk membuat perjalanan jauh lebih nyaman dan tidak mudah lelah.

Perjalanan dengan menggunakan motor tentunya akan merasakan langsung perubahan cuaca. Menggunakan windshield berukuran besar bisa menghalau angin dingin langsung mengenai tubuh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah bahan dari windshield tersebut agar tidak mudah patah terkena angin kencang. Selain itu juga patut diperhatikan dengan ukuran lebih besar, maka akan menghambat laju kendaraaan.

Terakhir adalah penggunaan windshield berukuran besar dengan kualitas rendah, biasanya akan membuat pandangan ke jalan menjadi kabur. Lalu pilihlah windshield tipe bening agar bisa tetap waspada saat berkendara di malam hari.

Modifikasi Honda Vario 125 Elegan

Konsep modifikasi jenis ini merupakan paling sederhana dan banyak peminatnya. Modifikasi jenis ini hanya mengandalkan tampilan kendaraan yang bersih dan sedikit mewah.

Ubahan yang dilakukan pada umumnya menyasar pada pewarnaan bodi dengan warna-warna yang mendukung unsur kemewahan. Lalu penambahan aksesoris pendukungnya meliputi jok, lampu kustom hingga velg.
vario modif

Pada konsep modifikasi ini pemilihan aksen krom maupun gold kerap dipakai. Hal ini karena cocok untuk menguatkan kesan elegan pada kendaraan sekaligus meningkatkan gengsi dari pemiliknya itu sendiri.

Produk-produk branded biasanya disematkan guna menambah nilai dari kemewahan kendaraan. Modifikasi motor jenis ini acapkali tampil resik dan tidak bisa tampil kotor.

Harga Honda Vario 125 2021
honda vario 125 modif

PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda Vario 125 dengan harga mulai Rp 20.600.000 untuk varian CBS. Sementara pada varian CBS-ISS diniagakan seharga RP 21.505.000. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar