Potongan PPnBM Berpeluang Diperluas, Innova dan Fortuner Bisa Turun Harga!

Berita Otomotif

Potongan PPnBM Berpeluang Diperluas, Innova dan Fortuner Bisa Turun Harga!

JAKARTA – Pemerintah mengkaji perluasan potongan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil – mobil rakitan dalam negeri dengan kapasitas mesin 2.500 cc dan komponen lokal minimal 70 persen. Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner dua contoh mobil yang masuk dalam persyaratan.

Sekadar mengingatkan, pemerintah memberikan insentif PPnBM bagi mobil baru pada Maret – Desember 2021. Namun, hanya mobil penumpang rakitan dalam negeri bermesin 1.500 cc ke bawah dengan komponen lokal minimal 70 persen dan berpenggerak dua roda (4x2) yang mendapatkannya.

Ada 21 mobil yang akhirnya turun harga di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) karena memenuhi persyaratan tersebut. Toyota menyumbang enam model, Daihatsu lima model, Honda empat model, Suzuki dua model, Mitsubishi dua model, Nissan satu model, dan Wuling satu model.

Suzuki XL7 dapat Potongan PPnBM pada 2021

Pemerintah, berdasarkan keterangan resmi Kementerian Perindustrian pada Selasa (16/3/2021), pun sekarang sedang mempelajari dan membahas kemungkinan perluasan relaksasi PPnBM. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan pada Senin kemarin.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, sebelumnya menyampaikan keinginan agar mobil berkapasitas hingga 2.500 cc bisa pula mendapat potongan PPnBM. Terpenting adalah mobil tersebut tetap memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) paling sedikit 70 persen.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, time frame atau waktu pelaksanaan kebijakan ini akan dievaluasi. Kemudian, formula aturannya bisa berdasarkan besaran kapasitas isi silinder dikombinasikan dengan local purchase, atau hanya berdasarkan aturan local purchase (komponen lokal—Red) saja,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jika ini akhirnya direalisasikan, dua dari sekian banyak model yang bakal menyusul turun harga ialah Kijang Innova plus Fortuner. Pasalnya, TKDN keduanya berdasarkan catatan Mobil123.com pada 2019 sudah mencapai masing – masing 85 persen serta 75 persen.

Toyota Kijang Innova Facelift 2020

Lebih lanjut, Agus menyebut tanggapan pasar otomotif terhadap relaksasi PPnBM yang sedang berjalan saat ini amat baik. Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sementara melonjak sampai ratusan persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Februari 2021.

“Kami melihat data purchase order KBM roda 4 meningkat rata-rata sebesar 140,8 persen untuk produk-produk yang mendapatkan stimulus PPnBM,” tandas dia.

Potongan PPnBM dari pemerintah sendiri diberikan secara bertahap. Ini dimulai dengan insentif PPnBM penuh hingga menjadi 0 persen pada Maret – Mei, dilanjutkan dengan insentif PPnBM 50 persen dari tarif (Juni – Agustus) serta insentif PPnBM 25 persen dari tarif (September – Desember). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar